Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id
Sebagai wajah dari lembaga peradilan, petugas security dan petugas meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) diharapkan dapat menghadirkan pelayanan yang prima bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat pencari keadilan. Sadar akan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan tersebut, maka dipandang perlu dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan “Service Excellence” bagi warga peradilan, khususnya bagi petugas PTSP yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat.
Berdasarkan latar belakang tersebut, Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru bekerjasama dengan BANK BSI (Bank Syariah Indonesia) KC Arifin Ahmad Pekanbaru untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi Service Excellence yang dilaksanakan pada hari Sein tanggal 6 November 2023 di Aula PTA Pekanbaru. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Ketua PTA Pekanbaru, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural dan seluruh petugas PTSP. Kegiatan bertajuk pelatihan ini dikhususkan bagi petugas PTSP PTA Pekanbaru guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan dalam rangka membangun Zona Integritas.
Materi sosialisasi dipaparkan oleh Ibu Vanny Vannessa, Customer Service Supervisor BSI KC Arifin Ahmad, sekaligus Professional Trainer - Service Practitioner. Beliau memaparkan, bahwa dalam pelayanan prima, kita harus perlakukan semua orang di sekitar kita sebagai customer kita. Laksanakan 7S dalam pelayanan kita, yang terdiri dari Senyum, Salam, Sapa, Semangat, Sopan, Santun, Solusi.
Setelah cukup dengan penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan praktek langsung bagaimana melayani secara Service Excellence oleh petugas security dan petugas PTSP di yang dipandu langsung oleh Tim Bank BSI. Dimulai dengan Standard Pelayanan Procedure (SOP) hingga menerapkan model pelayanan prima dan tepat sasaran.
Di akhir sosialisasi, Ketua PTA Pekanbaru Dr. Drs. H. Syahril, S.H., M.H. mengucapkan terima kasih kepada BSI atas pelatihan yang berharga dan tidak mudah didapatkan. Mengingat materi ini jarang didapatkan, beliau berpesan kepada seluruh petugas untuk mengamalkan dan mempraktekkan langsung ilmu yang diajarkan pada hari ini di langsung di lapangan. Beliau meminta agar ada peningkatan signifikan dalam pelayanan PTA Pekanbaru, sehingga bisa terwujud Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. (AJP)