Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Waktu berlalu begitu cepat, tanpa terasa bulan Ramadhan 1438 H akan meninggalkan kita, membawa semua rahmat dan keberkahan yang menyertainya. Beruntunglah bagi siapa saja yang telah memaksimalkan segala potensi amal ibadahnya. Begitupula Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis yang telah mengisi bulan Ramadhan di Pengadilan Agama Bengkalis dengan kegiatan-kegiatan yang sarat akan nilai ibadah dan manfaat. Salah satunya dengan kegiatan Sholat Zhuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan Kultum. Sholat Zhuhur berjamaah mengajarkan kita tentang arti kedisiplinan dan kebersamaan, bagaimana kita disiplin terhadap waktu sholat dan menjaga kebersamaan dan kekompakan dalam komunitas. Adapun kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) merupakan ajang untuk melatih bagaimana membiasakan diri untuk berbicara di depan publik. Dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap harinya di bulan Ramadhan ini, seorang pemateri dari kalangan Hakim dan Pegawai akan memberikan tausiyahnya, didampingi seorang M.C yang ditunjuk dari tenaga kontrak sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Drs. M. Taufik, M.H., bahwa Ramadhan adalah bulan latihan. Di kegiatan Kultum inilah Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis dilatih untuk memperbaiki public speaking-nya.

alt

alt

(Gambar : Penyampaian Kultum dari Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis)

Kultum Ramadhan di Pengadilan Agama Bengkalis sejatinya adalah majelis ilmu, banyak ilmu yang telah diperoleh selama kultum Ramadhan ini. Karena setiap harinya tema yang dibahas selalu menarik dan berbeda dan hal ini tentu saja menambah wawasan keilmuwan islam pegawai Pengadilan Agama Bengkalis. Tak kalah menariknya dari ber-Ramadhan di Pengadilan Agama Bengkalis adalah kegiatan tadarus Al-Quran. Tadarus Al-Quran di Pengadilan Agama Bengkalis bukanlah hal yang baru, tiap tahunnya kegiatan ini rutin dilaksanakan. Menurut Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., Ramadhan adalah bulan Al-Quran jadi sangatlah merugi apabila kita tidak memperbanyak membaca Al-Quran, beliau berharap dengan kegiatan Tadarus Al-Quran yang telah dilaksanakan bisa menjadi pemacu bagi setiap pegawai untuk membaca Al-Quran.

Semoga Ramadhan 1438 H ini membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis, dan semoga diakhir Ramadhan nanti akan terlahir pribadi-pribadi yang tangguh dan penuh semangat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.   

.***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***

{jcomments on}