Dumai , 1 Juni 2018 Pengadilan Agama Dumai Klas I-B mengadakan upacara bendera peringatan hari lahir ke-73 Pancasila di halaman Pengadilan Agama Dumai, Ketua Pengadilan Agama Dumai Bapak Drs. H. Usman, S.H.,M.H yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2018. Ucapara tersebut diikuti oleh seluruh Hakim,Pejabat, Pegawai dan honorer Pengadilan Agama Dumai yang dimulai pada pukul 08:00.

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni itu, katanya:

“Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

Dan dilanjutkan dengan membaca UUD 1945 setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa dan berakhir lah upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Dan disambut dengan salam-salaman dan foto bersama.