Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-73 jatuh pada hari  minggu tanggal 19 Agustus 2018. Meski demikian, upacara dalam rangka peringatan tersebut tetap dilaksanakan meski dalam hari libur sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI No. 1074/SEK/HM.01.2/08/2018, tanggal 9 Agustus 2018,  Terkait dengan hal tersebut, keluarga besar Pengadilan Agama Pasir Pengaraian  dan Keluarga besar Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian melaksanakan upacara bersama peringatan Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-73 di halaman Kantor Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian, Komplek Perkantoran Daerah Rokan Hulu Jl. Keadilan No. 6 Pasir Pengaraian, Riau.

Upacara kali ini dilaksanakan dalam nuansa yang berbeda, yakni menghadirkan suasana olahraga seperti tahun sebelumnya dengan mengenakan seragam olahraga, seluruh unsur pimpinan dan pegawai PA Pasir Pengaraian dan PN Pasir Pengaraian melaksanakan upacara dengan tertib dan penuh khidmat.

Upacara dimulai tepat pukul 07.30 WIB  sebagai  pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian, SARUDI, SH.. Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-73 ini mengambil tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Tema ini mencerminkan suasana era baru dalam dunia peradilan Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan.

Pembina Upacara Bapak Sarudi, SH. Dalam amanatnya membacakan Amanat Ketua Mahkamah Agung RI. Kemudian upacara ditutup dengan Doa yang dibawakan oleh Bapak Burhanuddin, S.H., M.H., Panitera Pengadilan Agama Pasir Pengaraian.

Seusai upacara peringatan HUT MARI Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian senam bersama, semoga tetap solid dan bekerjasama yang baik, kemudian acara disusul dengan pemotongan nasi tumpeng oleh wakil ketua pengadilan agama pasir pengaraian, Elidasniwati, S.Ag., M.H. dan ketua pengadilan negeri pasir pengaraian.