Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Selasa, 9 April 2019, Dharmayukti Karini Cabang Riau melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) yang ke-IV, yang dilaksanakan di Aula Utama PTA Pekanbaru. Acara di hadiri oleh pengurus Dharmayukti Karini Cabang Riau, Anggota Dharmayukti dan tamu undangan.

Muscab Dharmayukti Karini ke-IV mengusung tema Melalui Musyawarah Cabang (Muscab) IV Dharmayukti Karini Tahun 2019 Kita Revitalisasi Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Panitia Muscab Ny. Dra. Hj. Fauziah Sy dalam laporannya. Beliau juga menyampaikan bahwa selama ini di Mahkamah Agung RI dan 4 (empat) lingkungan Peradilan seluruh Indonesia terdapat berbagai organisasi dan perkumpulan Wanita yag masing-masing mempunyai program dan menjalankan program organisasi secara sendiri-sendiri. Maka pada tanggal 18 Februari 2002 dengan SK Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/07/SK/II/2002 terlah dibentuk Organisasi Wanita yang mempunyai kegiatan sosial diluar kedinasan bagi segenap unsur kewanitaan di Mahkamah Agung, yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat dan diperlukan oleh warga peradilan. Dharmayukti Karini bertujuan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kualitas sumber daya anggota beserta keluarga.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dharmayukti Karini Ny. Nur Rakhma Samparaja, SH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan adanya pertemuan DYK adalah untuk meningkatkan kesadaran anggota bahwa pentingnya memperkokoh rasa persatuan sesama anggota, agar tiap anggota ikut serta untuk meningkatkan SDM yang ada, ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan anggota. Diharapkan melalui Muscab ini diharapkan dapat menunjuk kepengurusan yang baru yang dapat meningkatkan tujuan dari Dharmayukti Karini yang ingin dicapai tersebut.

Dalam acara ini juga diisi dengan sambutan dari Pelindung Dharmayukti Karini Cabang Riau yang disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Samparaja, SH., MH sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan MUscab IV Dharmayukti Karini Cabang Riau. Dalam sambutanya antara lain belia menyampaikan Dharmayukti Karini adalah organisasi wanita yang terdiri dari hakim wanita, isteri hakim, isteri pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan, isteri staf, staf wanita yang bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan SDM. Dharmayukti artinya wanita yag memilki keutamaan dalam hal kejujuran, kebenaran dan dalam hal keadilan. Lambing dari Dharayukti Karini memilki filosofi bahwa sebagai wanita yang mendampingi suami, bahwa isteri mempunyai peranan yang paling penting mendampingi suaminya dalam melaksanakan tugasnya. Isteri memilki hak untuk mengingatkan suaminya apabila lalai dalam menjalankan tugasnya. Bunga dalam lambing DYK artinya lambing keharuman. Diharpakan Dharmayukti Karin Cabang Riau dapat membuat program yang kreatif sesuai dengan keahlian DYK diharapkan dapat menjadi Role Model untuk anak-anaknya, menjadi motivator/ promotor untuk suaminya, memberikan semangat, dorongan dan kenyamanan dalam mendampingi suami sehingga dapat membantu suami untuk meningkatkan karirnya. Diharapkan DYK ikut memberikan kontribusi positif utuk peradilan. Selanjutnya Musyawarah Cabang ke IV Dharmayukti Karini Cabang Riau dibuka secara resmi.

Acara ditutup dengan do’a yang dilanjutan dengan pelaksanaan Musyawarah Cabang ke IV Dharmayukti Kari Cabang Riau. Semoga dengan pelaksanaan Muscab ini dapat mengahasilakn rumusan-rumusan yang dapat membuat DYK lebih besar lagi dalam menjalankan fungsi dan misinya. (Redaksi PTA Pekanbaru).