Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru, Senin 13 Mei 2019, Pimpinan PTA Pekanbaru melaksanakan rapat beserta seluruh jajarannya guna menghadapi kedatangan Badan Pengawas ke PTA Pekanbaru terkait dengan pelaksanaan Zona Integritas. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Samparaja, SH., MH didampingi oleh Panitera PTA Pekanbaru Drs. H. Syamsikar dan Sekretaris PTA Pekanbaru Yohan Fauzi Yulises, S.Ag., MH.

Dalam rapat dibahas mengenai beberapa hal antara lain mengenai telah direvisinya SK mengenai Tim Pembangunan Zona Integritas PTA Pekanbaru Tahun 2019 yakni Nomor W4-A/164/PS.00/SK/4/2019 tanggal 23 April 2019. DImana PTA Pekanbar telah mencanangkan Zona Integritas pada tanggal 12 Agustus 2018 yang lalu. Dengan telah terbitnya revisi SK tim Zona Integritas maka diharapkan tiap personil yang telah dibagi kedalam 6 area yakni Area Manajemen Perubahan, Area Penataan Tatalaksana, Area Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia, Area Penguatan Akuntabilitas, Area Penguatan Pengawasan, Area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, tiap koordinator dan anggota yang telah ditunjuk untuk segera melaksanakan tugasnya masing-masing. Kepada setiap coordinator agar melengkapi sarana dan prasarana, dokumen-dokumen yang terkait dengan area masing-masing. Tiap tim yang tersebut diharapkan untuk selalu mendokumentasikan rapat yang telah dilaksanakan yang antara lain terdiri dari daftar hadir, foto, hasil rapat dan lainnya yang terkait dengan dokumentasi rapat.

Dalam rapat juga dibahas tentang Role Model yang telah ditetapkan melalui rapat role model oleh tim yang telah ditunjuk. Role model ini ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dalam pemilihan role model antara lain kriteria tersebut adalah bahwa seorang Role Model harus memiliki karakter sosok seorang pemimpin yang memiliki disiplin, komitmen, kejujuran, integritas, kredibilitas dan kepedulian, serta memiliki ciri sebagai pelayan. Proses pemilihan  Role Model dengan melihat kehadiran yang terekam dalam mesin finger print, kedisiplinan, tanggung jawab dan kreatifitas dalam bekerja, kemampuan beradaptasi, perilaku, komunikasi, jiwa kepemimpinan, kejujuran, penampilan,   dan kemampuan  komputernya.  Dalam Pemilihan Role Model ini dibagi dalam 3 bidang yakni dari Hakim Tinggi terpilih Drs. M. Nasir Mas, SH., MH, dari Kepaniteraan terpilih H. Asril, SH., MH, dari Kesekretariatan terpilih Khaidir, S.HI dan satu orang dari staf sebagai agen perubahan terpilih Syarif Hidayatullah, ST.

Rapat juga diwarnai dengan tanya jawab dari peserta rapat. Dengan adanya rapat ini diharapkan komitmen PTA Pekanbaru yang telah mencanangkan Zona Integritas dapat melaksanakan engan sebaik-baiknya. Begitu juga role model yang telah ditetapkan dapat memotivasi pegawai  untuk menjadi  lebih baik dan dapat menciptakan satu panutan dalam hal yang positif, dapat menjadi contoh untuk pegawai  lainnya pesan Wakil Ketua PTA Pekanbaru. (Redakasi PTA Pekanbaru)