Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru, Kamis 23 Mei 2019, dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan beberapa Ketua Pengadilan Agama dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru oleh Ketua PTA Pekanbaru, yakni PA Pekanbaru, PA Tanjungpinang, PA Pasir Pangaraian, PA Siak Sri Indrapira dan PA Teluk Kuantan. Acara dihadiri oleh seluruh personil PTA Pekanbaru dan tamu undangan.

Ketua Pengadilan Agama yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya adalah :

  1. H. Darmansyah Hasibuan, SH., MH sebagai Ketua PA Pekanbaru Kelas IA, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PA Pekanbaru Kelas IA.
  2. H. M. Yusar, MH sebagai Ketua PA Tanjungpinang Kelas IA, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PA Tanjungpinang Kelas IA.
  3. Rahmat Arijaya, S.Ag., M.Ag sebagai Ketua PA PAsir Pangaraian Kelas II, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PA Pasir Pangaraian Kelas II.
  4. H. Faisal Saleh, Lc., M.SI sebagai Ketua PA Siak Sri Indrapura Kelas II, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PA Siak Sri Indrapura Kelas II.
  5. Erlan NAofal, S.Ag. M.Ag sebagai Ketua PA Teluk Kuantan Kelas II, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PA Teluk Kuantan Kelas II.

Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Ketua MAhakamah Agung RI Nomor 74/KMA/SK/IV/2019 tentang Promosi dan MUtasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pada Lingungan Peradilan Agama.

Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, dilaksanakan pula serah terima jabatan, yakni dari :

  1. Ketua PA Pekanbaru Kelas IA yang lama Dr. H. Syaifuddin, SH., MH yang dimutasi menjadi Ketua PA Bandung Kelas IA kepada Ketua PA Pekanbaru yang baru dilantik Drs. H. Darmansyah Hasibuan, SH., MH.
  2. Ketua PA Tanjungpinang Kelas IA yang lama H. Ali Syarifuddin Mas’ud, Lc., SH., M.Ag yang dimutasi menjadi Wakil Ketua PA Ciamis Kelas IA kepada Ketua PA Tanjungpinang yang baru dilantik Drs. H. M. Yusar, MH.

Setelah prosesi acara pelantikan/ pengambilan sumpah jabatan dan serah terima jabatan selesai, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PTA Pekanbaru Bapak Dr. H. Alimin Patwari, SH., MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa jabatan yang diamanatkan adalah suatu kehormatan dan kepercayaan pimpinan Mahkamah Agung, tapi disi lain merupakan tantangan, ujian, dan cobaan sekaligus godaan. Oleh sebab itu manah dan kepercayaan yang telah diberikan hendaklah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Jabatan tersebut wajib dipertanggungjawabkan, kepada diri sendiri, kepada masyarakat, kepada atasan dan kepada Allah SWT.

Diingatkan juga mengenai beberapa hal antara bahwa peran sebagai Ketua Pengadilan Agama sangat menentukan dalam mewujudkan cita-cita menuju peradilan yang agung, sebab apapun saran dan prasarana pengadilan, sebesar apapun anggarannnya, badan peradilan yag agung, mandiri, modern dan berwibawa tidak akan mudah tercapai tanpa keteladanan dan perhatian yang sungguh-sunngguh dari pimpinannya. Selaku pimpinan agar selalu berkoordinasi yang baik dalam merencakan dan melaksanakan setiap kegiatan yang menjadi tugasnya. Korrdinasi yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan tugas pengadilan.

Beliau juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama yang hadir dalam acara pelantikan tersebut supaya terus menerus meningkatkan kemampuan profesionalisme dibidang masing-masing dengan terus menerus belajar baik secara formal dan nonformal. Agar senantiasa memelihara kekompakan dan semangat kebersamaan jiwa korsa yang tinggi, selalu  menjaga dan memelihara perilaku dengan menumbuhkan rasa memiliki lembaga peradilan Agama serta senantiasa menghindari sikap dan perilaku yang dapat menurunkan citra wibawa peradilan.

Acara ditutup dengan do’a, salam-salaman, foto bersama dan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama keluarga besar PTA Pekanbaru sekaligus pemberian santunan kepada anak yatim. (Redaksi PTA Pekanbaru)