Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Senin, 17 Juni 2019, bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru dilaksanakan acara Halal Bihalal Keluar Besar Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru 1440 H. Acara dihadiri seluruh personil PTA Pekanbaru, angota Dharmayukti Karini cabang Riau dan tamu undangan.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua PTA Pekanbaru yang diwakili oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Samparaja, SH., MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa halal bihalal dapat dilaksanakan setiap saat. Pada kesempatan halal bihalal ini menjadi wadah untuk silturahmi saling maaf memaafkan, seperti bunyi salah satu hadist siapa yang ingin dimudahkan rezekinya, dipanjangkan umurnya, hendaklah selalu menjaga hubungan kepada Allah SWT dan sesama muslim. Tak lupa ucapan terimakasih kepada seluruh petugas yang telah mempersiapkan acara ini sehingga dapat terlaksana.

Dalam acara ini diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustad Dr. H. Mawardi Muhammad Soleh, Lc., MA. Beliau menyampaikan bahwa Rasulullah pernah berkata hak sesama muslim itu adalah apabila seorang muslim minta kepada kamu nasehat, maka kamu harus memberi nasehat. Salah satu sifat manusia adalah sering lupa, oleh sebab itu perlu untuk sering diingatkan. Agama ini tegak karena ada saling mengingatkan. Salah satu fungsi tausiah adalah untuk saling mengingatkan atau kembali mengingatkan apabila kita lupa. Dimanapun posisi kita, kita akan selalu butuh untuk diingatkan.

Halal Bihalal apabila dilihat dalam pengertian yang luas merupakan suatu komitmen, satu nilai dari halal bihalal yakni halal. Halal merupakan salah satu jalan hidup, inti agama itu adalah mengetahui yang halal dan mengetahui yang haram. Nilai yang harus dibawa setelah Ramadhan adalah latihan kepada kita untuk selalu menjaga diri untuk menjauhkan diri dari yang haram. Halal itu maknanya bersih, memberikan kebaika. Acara Halal Bihalal juga merupakan praktek untuk mengaplikasikan nilai-nilai puasa yang telah dijalankan. Nikmat iman merupakan gerbang untuk mendapatkan segala nikmat yang ada. Apabila iman tidak ada, maka akan jauh nikmat dari hidupnya.

Allah SWT memerintahkan kita melalui ayat-ayatnya, menceritakan tentang alam semesta, tentang penciptaan manusia. Dalam Al Qur’an disebutkan salah satu perintah yaitu puasa di bulan Ramadhan. Setiap perintah harus dilakukan karena Allah SWT untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Didalam hidup yang dicari adalah ridho Allah SWT, untuk menjadi orang yang  bertaqwa dengan mensucikan dirinya. Halal Bihalal menjadi salah satu cara untuk membersihkan diri dengan membersihkan hubungan sesama manusia.

Dipenghujung acara ditutup dengan bersalam-salaman dan makan siang bersama. Semoga dengan adanya Halal Bihalal ini membuat hubungan silaturrahim lebh erat lagi. (Redaksi PTA Pekanbaru)