Bengkalis|| www.pa-bengkalis.go.id

Peringatan hari lahirnya Pancasila menjadi momentum yang tepat untuk mengingat, merenungi dan mengamalkan nilai-nilai dan proses lahirnya Pancasila, sehingga dapat kita petik nilai-nilai persatuan, toleransi, saling menghargai dan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan demi tercapainya tujuan Negara.

Walaupun masih dalam suasana Ramadhan 1440 Hijriah, Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis tetap semangat, tidak menghalangi khidmat dalam menyemarakkan peringatan hari lahirnya Pancasila melalui Upacara yang dilaksanakan pada hari Sabtu (01/06/2019) yang bertempat di halaman depan kantor Pengadilan Agama Bengkalis.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta, pembacaan teks Pancasila, dan pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945.

Dilanjutkan dengan Pembacaan Sambutan Kepala BPIP oleh pembina upacara yaitu Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., yang mana dalam amanat tersebut secara singkat menuturkan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila. 

Setelah amanat pembina upacara, barisan disiapkan oleh pemimpin upacara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila dan ditutup oleh pembacaan doa. Semoga Allah SWT meridhoi suksesnya penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Lahir Pancasila Tahun 2019 ini.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***