Bengkalis|| www.pa-bengkalis.go.id

Rabu (26/06/2019) Mahkamah Agung RI merupakan Lembaga Tinggi Negara yang membawahi 4 (Empat) lingkungan Badan Peradilan tentunya dimasing-masing Lingkungan Peradilan memiliki Direktur Jenderal yaitu salah satunya Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang di Pimpin oleh Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., MH. Dalam Pembinaan Yustisial yang dibuka sekaligus sebagai Moderator oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru YM. Dr.H. Samparaja, S.H.,M.H dalam penyampaian beliau menyampaikan tentang Keadaan Perkara tahun 2018 sekitar 15.000an perkara, Keadaan Perkara e-court dan tentunya lagi sarana infrastruktur bangunan Gedung Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru yang terdiri dari 18 (delapan belas) Pengadilan Agama ada 7 (tujuh) bangunan Gedung Pengadilan Agama yang belum Proto type dan salah satunya masih menyewa Ruko yaitu Pengadilan Agama Taluk Kuantan yang merupakan Pengadilan Baru. Beda dengan Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura yang memiliki bangunan yang dihibahkan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Pembinaan dilanjutkan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr.Drs. Aco Nur, S.H.,MH dalam penyampaiannya sekaligus menanggapi apa yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama yaitu tentang Pembangunan Gedung Pengadilan Agama di Wilayah Hukum Pengau Tinggi Agama Pekanbaru agar dapat diusulkan ke Sekretaris Mahkamah Agung RI secara continue. Kepala Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI sangat mengapresiasi Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. H. Alimin Patawari, S.H.,M.H atas Prestasi Kinerjanya menjelang Purnabakti. Beliau menyampaikan kepada Seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Se Indonesia supaya kinerja prestasi yang baik ini dapat ditiru seluruhnya Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Se Indonesia.

Acara Pembinaan yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Se Indonesia dari 29 Pengadilan Tinggi Agama ada 5 Ketua Pengadilan Tinggi Agama yang tidak dapat hadir. Di sela-sela acara tersebut juga disampaikan tentang penilaian prestasi kerja Pengadilan Tinggi Agama maupun Pengadilan Agama tingkat pertama, seperti halnya SIPP, e-court, Zona Integritas dan PTSP.

Pak Dirjend juga menyampaikan bagi Pegawai yang berprestasi akan diperioritas untuk di Haji kan dan Umrahkan melalui Anggaran Negara.

Tiga Pimpinan PA Bengkalis yang mengikuti acara Pembinaan Yustisial Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Rika Hidayati, S.Ag., M.H, Panitera Drs . Zulkifli, S.H.,M.H dan Sekretaris Pengadilan Agama Bengkalis Darsono, S.Pd.I.,MH, acara berlangsung dengan khidmat.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***