(Rengat/01/08/2019)  Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan hukum keluarga Islam adalah dengan melaksanakan sidang di luar gedung Pengadilan. Pengadilan Agama Rengat dalam tahun 2019 ini melakukan upaya sidang di luar gedung Pengadilan di dua lokasi yaitu di Aula Kantor Camat Kecamatan Batang Cenaku dan Aula Kantor Camat Kecamatan Kelayang.

Melalui Program sidang di luar gedung Pengadilan  diharapkan masyarakat tidak lagi bersusah payah datang ke Gedung Pengadilan Agama di Pematang Reba, tetapi cukup datang di aula kantor Camat yang terdekat dengan tempat tinggalnya guna memudahkan masyarakat pencari keadilan   menyelesaikan persoalan hukum kelurga yang dihadapinya.

Kegiatan sidang diluar gedung Pengadilan ini dilaksanakan dalam seminggu dua kali yaitu pada hari Kamis dan Jum’at mulai pukul 09.00 wib sampai dengan selesai.  Untuk hari Kamis  berlokasi di Aula kantor Camat Batang Cenaku di pimpin oleh Wakil  Ketua Pengadilan Agama Rengat sekaligus sebagai Ketua majelis Drs. H. Ribat, S.H.M.H,  anggota majelis Dra. Hj.Rosnah Zaleha   Dan Dra Murawati, . M.A. dibantu panitera sidang  Hertina BA. Sedangkan hari Jum’at langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Rengat Drs. Syarkasyi,M.H dengan anggota Drs. H.Nur Aljumat, S.H.,M.H dan Dra. Mirdiah Harianja,M.H. lokasi Aula Kantor Camat Kelayang.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun tim redaksi, banyak masyarakat yang mengharapkan kehadiran PA.Rengat yang tidak hanya bertumpu di dua lokasi, tetapi bisa juga melayani di lokasi yang lain utamanya daerah yang jauh dari  pusat gedung Pengadilan Agama Rengat.  

            Tingginya minat dan permintaan masyarakat terhadap sidang keliling ini karena kesadaran hukum masyarakat sudah mulai baik, jelas Ketua  (Drs. Syarkasyi,M.H.) dan ini terus kita lakukan sampai akhir tahun 2019 ini, jelas ketua.

Sudah jelas bahwa program sidang keliling atau sidang diluar gedung pengadilan ini banyak sekali mamfaat yang dirasakan oleh masyarakat, disamping biaya serta waktu bisa dihemat, para pencari keadilan juga masih dapat beraktifitas dalam pekerjaan baik sesudah maupun sebelum datang sidang.  Salah seorang pihak pengguna sidang keliling bernama Linda mengatakan “ saya sangat bersyukur dan terbantu, bapak-bapak hakim dari PA. Rengat dapat bersidang disini, selain hemat biaya , saya masih dapat menyelesaikan tugas di rumah pagi tadi.  Saya berharap kegiatan sidang keliling di Batang Cenaku ini tetap terus diadakan “. Demikian harapnya.

            Selama  tiga jam atau sekitar  pukul 13.30 Wib  pemeriksaan perkara pada sidang keliling selesai dilaksanakan, dan rombongan yang langsung dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua  Rengat bertolak dari lokasi menuju kota gedung Pengadilan Agama Rengat membutuhkan waktu 1,5 jam  .  Selamat bekerja (by RR)