(Rengat/29/07/2019) Ketua Pegadilan Agama Rengat Drs. Syarkasi, M.H. kembali melantik  Panitera Pengganti Pengadilan Agama Rengat yang beru bernama Ahmad Zaki Rusmani S.H.I sebelumnya sebagai staf pada Pengadilan Agama Pekanbaru Klas IA.  Acara Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan  dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 29 Juli 2019 pukul 14..00 wib bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Rengat . Hadir dalam Kegiatan tersebut  Wakil Ketua PA. Rengat Drs. H. Ribat, S.H.,  . Panitera  Pekanbaru Yasir S.Ag. MA dan Sekretaris PA. Pekanbaru Syamsir S.Ag, para hakim PA. Rengat dan pejabat structural dan Fungsional serta rombongan pegawai Pengadilan Agama Pekanbaru.

Acara pelantikan ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan No2288 tahun 2019    yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. tanggal 27 Mei 2019 yang dibacakan oleh staf Kasubbag Kepegawaian Pengadilan Agama Rengat, kemudian  Pelantikan dan  pengambilan sumpah jabatan oleh   Ketua.Pengadilan Agama Rengat Drs Syarkasyi M.H. dan dilanjutkan dengan  pembacaan dan penandatanganan fakta integritas oleh pejabat yang baru saja dilantik  dan diambil sumpahnya.

Dalam Amanatnya,   Ketua Pengadilan Agama Rengat  Drs. Syarkasi, M.H., SH.merasa gembira karena telah melantik sdr Zaki Rusmani S.H.I sebagai penitera Pengganti PA. Rengat yang baru, setelah sebelumnya Ketua PA. Rengat melantik dua Panitera Pengganti yang berasal dari PA. Dumai dan Pekanbaru. Dengan dilantiknya saudara Zaki, maka jumlah pejabat Kepaniteraan PA. Rengat berjumlah 6 orang dimana sebelumnya PA. Rengat hanya berjumlah 3 orang termasuk didalamnya panitera dan  Panmud Hukum dan Permohonan..jelasnya. Saya berharap kondisi SDM di Kepaniteraan saat ini sudah memadai untuk memikul tugas Kepaniteraan di PA. Rengat tentunya dengan bertambahnya SDM di kepaniteraan maka percepatan administrasi perkara tidak ada halangan lagi. Ditambah lagi Panitara Pengganti yang mutasi ke PA, Rengat semuanya masih muda-muda dan energik umurnya masih dibawah empat puluh tahun. Jelasnya.

Kita terus berpacu dan berbenah untuk kemajuan PA. Rengat karena tantangan pekerjaan kita saat ini semakin berat dan komplek.  Kemudian jalin kerjasama dan jaga kekompakan dalam bekerja karena tugas Panitera Pengganti membantu hakim dalam menjalankan proses persidangan dan ini merupakan tugas Tim. Disamping itu segala potensi dan kemampuan serta pengalaman yang diperoleh di tempat tugas yang lama, sepanjang itu untuk kemajuan kantor dan mempermudah tugas kita dalam melayani masyarakat silakan dikomunikasikan dengan atasan dan PA. Rengat sangat terbuka bagi kemajuan dan perubahan yang baik.Tandas Ketua.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim redaksi bahwa sdr Zaki Rusmani selama bertugas di Pekanbaru dipercaya sebagai Bendahara Pengeluaran PA. Pekanbaru dan itu sudah dijalaninya beberapa tahun terakhir ini. Seharusnya sdr Zaki Rusmani dilantik berbarengan dengan dua Panitera Pengganti yang baru dilantik tanggal 24 Juni 2019 yang lalu, tetapi karena masih dibutuhkan, maka pelantikannya terpaksa di tunda selama satu bulan dan  baru bisa dilantik hari ini. 

Sebagai penutup acara dilanjutkan dengan Pembacaan  do’a yang dipimpin oleh Hakim senior PA. Rengat Drs. H. Nur Al Jum’at   Usai pembacaan doa segenap jajaran pegawai mulai dari Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Panitera dan pejabat struktural dan fungisonal serta pegawai baik dari PA Rengat dan PA. Pekanbaru serta  tenaga honor dan para undangan  memberikan ucapan selamat kepada  pejabat yang baru saja dilantik. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. Selamat bertugas di PA. Rengat (RR)