Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Selasa (06/08/2019) Pengadilan Agama Bengkalis terima kunjungan silaturahmi dari mantan Sekretaris Daerah Kabapaten Bengkalis, yang sekarang menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, H. Ariyanto. Beliau berkunjung ke Pengadilan Agama Bengkalis sekitar pukul 08.30 WIB dan langsung disambut baik oleh Ketua dan Sekretaris Pengadilan Agama Bengkalis.

Maksud dan tujuan kedatangan beliau, selain untuk meningkatkan silaturahmi, beliau juga ingin mendapatkan informasi mengenai prosedur pengangkatan anak di Pengadilan Agama Bengkalis. Pengangkatan anak merupakan suatu perbuatan hukum yang mengalihkan seorang anak dari lingkungan kekuasaan orang tua wali yang sah, atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan dan membesarkan anak tersebut ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkat. Anak angkat mempunyai hak yang sama dengan anak kandung dan merupakan ahli waris yang sah dari orang tua angkatnya.

Setiap peristiwa yang mempengaruhi kedudukan hukum seseorang, hukum mewajibkan harus selalu dicatat dalam register yang memang disediakan untuk itu. Dalam hal ini termasuk peristiwa pengangkatan anak. Setelah adanya putusan Pengadilan, maka dalam akta kelahiran ditambahkan keterangan bahwa terhadap anak tersebut telah dilakukan pengangkatan anak dengan menyebutkan orang tua angkatnya yang baru.

Pengangkatan anak saat ini semakin marak dilakukan, karena faktor ekonomi masyarkat yang semakin terpuruk, dengan adanya pengangkatan anak oleh keluarga yang  mempunyai ekonomi tinggi maka akan meningkatkan kesejahteraan anak, untuk memperbaiki kehidupan dan masa depan si anak angkat.

Semoga dengan adanya kunjungan silaturahmi dari mantan Sekretaris Daerah Kabapaten Bengkalis, yang sekarang menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis ini, dapat menjadi penyambung tali silaturahmi Pengadilan Agama Bengkalis dengan instansi lain di Kabupaten Bengkalis.

 

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***