Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Jumat (09/08/2019) Pengadilan Agama Bengkalis menghadiri Upacara Sempena HUT Provinsi Riau Ke 62, yang diwakili oleh Sekretaris Pengadilan Agama Bengkalis, Darsono, SPd.I., M.H., yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bengkalis. Yang menjadi pemimpin upacara hari ini adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis, H Bustami HY.

Dalam sambutan Gubernur Riau yang dibacakan Sekda Bengkalis mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi ke-62 Provinsi Riau dengan tema, "Riau Hijau dan Bermartabat", merupakan bukti dan mengenang sejarah perjalanan Provinsi Riau yang telah mencapai usia ke 62 tahun." Dimana kita melihat wajah Provinsi Riau di masa lalu, dan memproyeksikannya ke masa depan, agar kita tidak salah haluan dan tujuan, termasuk untuk menjaga keseimbangan alam dan lingkungan yang menjadi isu strategis di dunia Internasional seperti perubahan iklim, global warming, pembangunan berwawasan dan lingkungan," kata H Bustami.

Provinsi Riau, merupakan daerah potensial dan telah banyak memberikan konstribusi dalam mendorong keberhasilan pembangunan nasional. Selain migas, Kebudayaan Melayu sendiri juga menjadi pilar penopang kebudayaan nasional Indonesia, bahkan kebudayaan dunia.

 "Insya Allah, akan disidang tetapkannya Pantun sebagai warisan dunia di UNESCO. Bahkan dua warisan lain yang sedang diupayakan dalam tentative list Warisan Dunia UNESCO adalah Istana Siak Sri Indrapura dan Candi Muara Takus. Begitu pun dengan warisan budaya seperti Tari Zapin," jelas H Bustami.

Tidak hanya itu, bertepatan dengan Milad ke- 62 Provinsi Riau, Gubernur Riau, menandatangani Surat Keputusan Penetapan Kurikulum Muatan Lokal Budaya Melayu Riau untuk tingkat SMA/ SMK/ sederajat. Dan Gubernur Riau juga mengeluarkan Instruksi kepada semua SMA/ SMK/ sederajat untuk menerapkan kurikulum tersebut.

 "Khusus untuk tingkat SD/ MI/ sederajat, Gubernur Riau mengeluarkan Instruksi kepada Bupati/ Walikota se-Provinsi Riau untuk menetapkan kurikulum Muatan Lokal Budaya Melayu Riau, dikarenakan untuk tingkat SD/ MI/ sederajat merupakan tanggung jawab dari Bupati/ Walikota,"ujar H Bustami.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***