Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Senin, 9 September 2019, PTA Pekanbaru kembali melaksanakan rapat yang rutin dilaksanakan guna membahas hal-hal yang terkait untuk kelancaran tupoksi di PTA Pekanbaru. Rapat dilaksanakan di Aula Utama PTA Pekanbaru yang dihadiri oleh seluruh personil PTA pekanbaru. Rapat dipimpin oleh Plh Ketua Drs. H. M. Nasir Mas, SH., MH (Hakim Tinggi PTA Pekanbaru), didampingi oleh Panitera PTA Pekanbaru Drs. H. Syamsikar dan Sekretaris PTA Pekanbaru Yohan Fauzi Yulises, S.Ag. MH.

Rapat dibuka oleh Sekretaris PTA Pekanbaru, dengan menyampaikan agenda rapat hari ini yakni sosialisasi e-office aplikasi e-doc perkara banding dan aplikasi tatanaskah dinas, penyampaian materi bimtek yang diikuti oleh Kasubag Kepegawaian PTA Pekanbaru, evaluasi kelengkapan dokumen pelaksanaan Zona Integritas (ZI) dan rencana persiapan pisah sambut pimpinan PTA Pekanbaru.

Rapat diawali dengan sosialisasi tentang e-doc perkara yang dijelaskan oleh Staf Sub Bagian Kepegawaian Syarif Hidayatullah, ST. Bahwa e-doc perkara bertujuan untuk menggantikan hasil catatan sidang yang biasanya dilaksanakan secara manual dengan pencatatan secara elektronik, sehingga catatan sidang yang dibuat oleh Panitera Pengganti yang diterima dan akan dikoreksi oleh Majelis Hakim diterima dalam bentuk soft copy yang telah disimpan kedalam aplikasi oleh Panitera Pengganti. Dalam sosialisasi, dijelaskan bagaimana cara menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi, sehingga Panitera Pengganti dan Hakim Tinggi dapat mengoperasikan aplikasi ini nantinya. Aplikasi ini nantinya akan dikelola oleh admin yang akan ditunjuk dari Kepaniteraan Banding.

Yang kedua yakni sosialisasi tentang aplikasi manajemen surat, yakni menggantikan proses pencatatan surat yang biasanya ditulis dalam buku agenda kedalam aplikasi persuratan. Untuk sementara, aplikasi ini hanya akan mencatat surat masuk dan surat keluar yang diterbitkan oleh PTA Pekanbaru. Akan tetapi, apalikasi ini kedepannya dapat dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhannya. Sama halnya dengan aplikasi e-doc, dalam sosialisasi manajemen surat juga dijelaskan cara pengoperasian aplikasi ini, sehingga diharapkan kedepannya manajemen persuratan di PTA Pekanbaru tersimpan dengan rapi.

Agenda rapat berikutnya yakni penjelasan secara singkat mengenai materi bimtek yang baru saja diikuti oleh Kasubag Kepegawaian PTA Pekanbaru Yosi, S.Ag., MH. Dalam bimtek tersebut dijelaskan hal-hal terkait tupoksi bagian kepegawaian antara lain mengenai manajemen PNS, pengurusan taspen (taspen tidak hanya mengurus mengenai pensiunan, akan tetapi ada hak-hak lainnya yang bisa didapat oleh PNS dan pensiunan dari taspen), pensiunan (syarat dan tata caranya pengajuannya), kenaikan pangkat melalui KPO (Kenaikan Pangkat Otomatis) dan sebagainya.

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan mengenai kelengkapan dokumen ZI yang dipimpin langsung oleh Plh Ketua PTA Pekanbaru. Bahwa perlu dilakukan evaluasi mengenai dokumen kelengkapan ZI, apabila masih terdapat kekurangan, maka harus segera ditindaklanjuti. Bahwa komitmen PTA Pekanbaru dalam melaksanakan ZI harus dilaksanakan secara maksimal. Oleh sebab itu diagendakan bahwa akan dilaksanakan evaluasi secara maraton untuk tiap area, yakni memeriksa kelengkapan dokumen ZI yang dimulai pada hari ini Senin hingga Jum’at tanggal 9 s.d 13 September 2019. Apabila masih terdapat kekurangan maka perlu segera dilengkapi.

Agenda terakhir yakni persiapan pelaksanaan pisah sambut pimpinan PTA Pekanbaru, pelantikan Wakil Ketua PTA pekanbaru dan pelaksanaan rapat koordinasi. Untuk pelaksanaan agenda tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 23 atau 24 September 2019, untuk itu maka perlu dibentuk SK Panitia Pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Dengan adanya rapat ini, diharapkan seluruh agenda kegiatan PTA Pekanbaru dapat terlaksana dengan baik. Tiap bagian untuk melaksanakan tupoksi dengan sebaik-baiknya. Dan selalu berkoordinasi serta bekerjasama dalam pelaksanaannya, agar dapat memberikan hasil yang maksimal.