Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriyah, Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, yang koordinir oleh bagian Kesra Setda, mengadakan acara Pembukaan Semarak Muharram 1441 H dengan tema "Menjadikan Generasi Islam yang Qur'ani & Berakhlaqul Karimah", yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Dabo Singkep Bapak Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I.

Agenda yang akan dilangsungkan pada kegiatan semarak Muharram sebagai Tahun Baru umat Islam ini diantaranya berbagai lomba yang diikuti oleh para siswa dan pelajar se-Kabupaten Lingga, seperti lomba dai cilik, lomba azan, lomba dai remaja, lomba shalawat, serta akan ditutup dengan acara Tabligh Akbar yang rencananya akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 31 Agustus 2019 pukul 19.30 WIB di Masjid Besar Az-Zulfa Dabo Singkep oleh K.H. Lukman Hakim, S.Pd.I., Dewan Pakar IPIM Kota Batam sekaligus anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Propinsi Kepulauan Riau.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB, Jumat, 30 Agustus 2019, dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Kesra Setda, perwakilan dari pimpinan DPRD, Ketua MUI, serta para tokoh agama dan masyarakat. Dalam menyampaikan sambutan dari Wakil Bupati Kabupaten Lingga, Asisten II Yusrizal menyatakan bahwa acara Semarak Muharram ini adalah dalam rangka menegakkan syiar Islam di Kabupaten Lingga. Bapak Wakil Bupati berpesan kepada para juri dan peserta lomba agar dalam mengikuti acara ini meluruskan niat yang ikhlas mengharap ridha Allah swt, bukan untuk sekedar mencari juara, atau sekedar mengharumkan nama golongan atau sekolah tertentu semata, agar rangkaian ini memperoleh berkah dan rahmat dari Allah swt serta bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Lingga.