Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru, hari Jum’at 4 Oktober 2019 dilaksanakan Pembinaan dan Bimbingan Dalam Penyusunan Eviden APM yang dikuti oleh 4 PA dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru yakni PA Pangkalan Kerinci, PA Tembilahan, PA Teluk Kuantan dan PA Siak Sri Indrapura sebagaimana isi surat undangan dari Ketua PTA Pekanbaru tanggal 2 Oktober 2019 Nomor W4-A/2088/HM.00/10/2019.

Acara dibuka oleh Sekretaris PTA Pekanbaru Yohan Fauzi Yulises, S.Ag., MH. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan terhadap pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Badan Peradilan Agama tahun 2019. Beliau juga menginformasikan bahwa akan dilaksanakan asesmen surveillance oleh Badilag terhadap pelaksanaan APM di satker yang telah mendapatkan akreditasi.

Pembekalan dipimpin oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Syahril, SH., MH. Sebelum pembekalan dilaksanakan beliau meminta kepada Ketua PA yang hadir, melaporkan perkembangan pelaksanaan APM yang telah dilaksanakan. Untuk PA Pangkalan Kerinci dan PA Tembilahan yang telah mendapatkan akreditasi, Beliau meminta untuk meningkatkan prediket yang telah diperoleh, dan apabila telah mendapatkan akreditasi A excellent, maka hal tersebut harus dipertahankan, untuk menghadapi asesmen surveillance dari Badilag. Sedangkan untuk PA Siak Sri Indrapura dan PA Teluk Kuantan yang akan dilaksanakan asesmen eksternal oleh Badilag, diminta untuk mempersiapkan satkernya secara maksimal sehingga nantinya bisa memperoleh akreditasi A excellent.

Setelah mendengarkan laporan dari masing-masing Ketua PA yang hadir, pembekalanpun dimulai oleh Wakil Ketua PTA pekanbaru. Beliau berharap dengan adanya pembekalan ini, PA yang hadir dapat memberikan hasil maksimal terhadap pelaksanaan APM di satker masing-masing. Tentu saja target utama dari pelaksanaan APM bukan hanya mengejar akreditasi semata, akan tetapi lebih dititik beratkan terhadap pelaksanaan tupoksi sebagai pengadilan agama yang memberikan pelayanan prima dan maksimal terhadap masyarakat pencari keadilan.