Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Senin (23/09/2019) Setelah apel pagi selesai, dilanjutkan rapat umum dengan agenda membahas tentang 9 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis pada hari Rabu 19 September 2019 di Jakarta.

Rapat tersebut diadakan di Aula Umar Bin Khatab lantai 2 Pengadilan Agama Bengkalis sekitar pukul 8.30 WIB. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Rika Hidayati, S.Ag., M.H., dan Panitera, Drs. Zulkifli, S.H., M.H. sebagai moderator. Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis.

 

Agenda rapat tersebut antara lain membahas tentang peluncuran 9 aplikasi Inovasi Ditjen Badilag yang secara resmi diluncurkan oleh Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H., di Jakarta pada tanggal 19 September 2019 lalu. Kesembilan aplikasi sebagai  pendukung e-litigasi tersebut yaitu :

  1. Aplikasi Notifikasi Perkara, Manfaat aplikasi ini adalah pihak berperkara akan diingatkan oleh sistem tentang perkara yang dihadapinya, sehingga pihak berperkara dapat mempersiapkan diri sebelumnya.
  2. Aplikasi Informasi Perkara dan Informasi Produk, memberikan informasi kepada pihak berperkara secara real time dan ter-update terkait perkembangan dan status terakhir dari perkara kepada pihak berperkara.
  3. Aplikasi Antrian Sidang, memberikan kepastian waktu layanan sidang di pengadilan agama, pihak berperkara dapat secara online menentukan sendiri jadwal sidangnya. Sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan para pihak yang datang di pengadilan Agama.
  4. Aplikasi Verifikasi Data Kemiskinan (Kerjasama dengan AIPJ & TNP2K), memberi kemudahan bagi masyarakat tidak mampu untuk berperkara secara prodeo di Pengadilan Agama, cara kerja aplikasi ini adalah cukup dengan menginput Nomor Induk Kependudukan untuk mengetahui data kemiskinan yang bersangkutan. Data ini diperoleh dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).
  5. Command Center Badilag, Manfaat dari Commad Center ini adalah : Data center management: pusat data dan memiliki ruangan khusus dengan berbagai peralatan canggih (super komputer, mainframe, server, jaringan, dsb);

Business application management: Terdiri dari berbagai aplikasi yang mendukung pelaksanaan Tupoksi Peradilan Agama.

Support center management: Memberikan bantuan kepada tenaga teknis dan non-teknis pengadilan agama di seluruh Indonesia melalui pembinaan dan kuliah umum dengan cara teleconfrence terhadap permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan Tupoksi.

  1. Aplikasi e-Eksaminasi, sebagai bahan penilaian terhadap penilaian hukum formil dan materiil kepada hakim dalam menerapkan tugas pokok dan fungsinya menyelesaikan perkara.
  2. Aplikasi PNBP, membantu pencatatan PNBP secara elektronik yang terintegrasi dengan SIPP.
  3. e- Register Perkara, Merupakan register perkara elektronik yang memudahkan pencatatan dan akurasi data yang bersumber dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)
  4. e-Keuangan Perkara, Merupakan Jurnal Keuangan Perkara elektronik yang memudahkan pencatatan dan akurasi data yang bersumber dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

 

Pada kesempatan ini, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., menyampaikan kepada seluruh pegawai agar bisa menerapkan ke 9 aplikasi tersebut, terutama aplikasi e-notification sehingga para pihak dapat mengetahui jadwal sidang melalui notifikasi yang telah diterapkan. Dan insyaallah dalam waktu dekat akan diadakan sosialisasi dan ddtk untuk membahas lebih lanjut tentang penggunaan 9 aplikasi tersebut kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***