Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Jumat (20/09/2019) Pengadilan Agama Bengkalis yang diwakili oleh Sekretaris Pengadilan Agama Bengkalis, Darsono, S.Pd.I., M.H., turut menghadiri acara pembukaan pawai MTQ ke 44 Kabupaten Bengkalis. Acara dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 20 September 2019 sekitar pukul 20.00 Wib, bertempat di Lapangan Kantor Camat Mandau Jalan Sudirman, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah sebuah festival pemuliaan kitab suci Alquran bagi umat Islam yang diselenggerakan setiap tahun mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional hingga ke tingkat internasional.

Gubernur Riau yang diwakili  Pj. Sekdaprov Riau, Ahmad Syah Harofie, mengatakan, dari mendengarkan lantunan pembacaan ayat suci Alquran dari qori internasional diharapkan agar dapat mensyiarkan agama Islam sekaligus memotivasi untuk mendidik anak-anak. “Dari tahun 2016 Pemerintah Provinsi Riau pada perhelatan MTQ sudah menentukan untuk para qori maupun qoriah asli dari anak watan Riau sendiri dan apabila Kabupaten Bengkalis ingin menjadi juara umum di MTQ tingkat Provinsi harus para qorinya asli dari anak watan dari negeri ini juga,” TuturAhmad Syah Harofie.

Sementara itu Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengatakan, melalui Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Bengkalis ini, mengajak merefleksikan diri, berzikir dan bertafakur dalam membangun akhlak dan peradaban sehingga melahirkan generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, sosial, dan kecerdasan moral. “Perubahan sosial masyarakat ini, tentunya sejalan dengan tema MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini, yakni membangun generasi berkarakter Qurani menuju masyarakat Kabupaten Bengkalis yang mandiri dan sejahtera,” ungkap beliau.

Masyarakat yang hadir untuk menyaksikan pembukaan MTQ yang pertama kali di Mandau sejak 7 tahun terakhir sangat ramai. Oleh karena itu, Bupati Bengkalis mengimbau agar masyarakat tetap menjaga ketertiban, kenyamanan dan kedamaian saat acara berlangsung.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***