Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Setelah dilaksanakan evaluasi implementasi APM di PTA Pekanbaru oleh Tim dari Dirjen Badilag beberapa hari yang lalu, pada hari Selasa tanggal 22 Oktober 2019, PTA Pekanbaru kembali dievaluasi tentang pelaksanaan Zona Integritas (ZI) di PTA Pekanbaru oleh Tim Evaluator dari Kemenpan RB. Ini merupakan tahapan dari pembangunan ZI di PTA Pekanbaru yang telah melalui beberapa tahapan yakni pencananagan ZI, pembanguanan ZI, survei dari Badan Pusat Statistik Pekanbaru dan survei pelaksanaan ZI oleh Kemenpan RB.

Kedatangan Tim Evaluator dari Kemenpan RB disambut oleh seluruh personil PTA Pekanbaru, yang selanjutnya tim evaluator mengunjungi setiap ruangan yang ada di PTA Pekanbaru dengan dipandu oleh Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris PTA Pekanbaru. Selama kunjungan ke ruangan-ruangan di PTA Pekanbaru, tim evaluator juga melontarkan pertanyaan-pertanyan yang berkaitan dengan tupoksi PTA Pekanbaru.

Setelah selesai mengunjungi ruangan di PTA Pekanbaru, Ketua PTA Pekanbaru beserta jajaran mengadakan pertemuan dengan tim evaluator di Aula Utama PTA Pekanbaru guna menyaksikan teleconference dengan beberapa Pengadilan Agama yang ada dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru, yakni PA Bengkalis, PA Dabo Singkep dan PA Teluk Kuantan. Dalam teleconference, Ketua PTA Pekanbaru dan Tim Evaluator mengajukan beberapa hal terkait tupoksi dan pelaksanaan ZI di PA tersebut.

Acara dilanjutkan dengan presentasi pelaksanaan ZI di PTA Pekanbaru oleh Ketua dan Wakil Ketua PTA Pekanbaru, yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung dan pembacaan do’a.

Dari hasil kunjungan dan presentasi PTA Pekanbaru dalam pelaksanaan ZI di PTA Pekanbaru, tim evaluator menyampaikan beberapa hal antara lain bahwa komitmen dari pimpinan dan seluruh pegawai PTA Pekanbaru dalam pelaksanaan ZI sudah sangat baik. Komitmen tersebut tentu saja tidak hanya sekedar pencanangan saja, akan tetapi lebih kepada implementasi dilapangan, yakni dalam semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan. Semangat untuk melakukan reformasi di Mahkamah Agung, khususnya di PTA Pekanbaru tidak hanya untuk predikat saja, akan tetapi merupakan hal yang harus terus menerus dilaksanakan. Secara struktural PTA Pekanbaru adalah pengadilan tingkat banding, oleh sebab itu memiliki kewajiban untuk membina Pengadilan Agama yang berada dalam wilayah hukumnya dalam melaksanakan ZI.

Kunjungan dari Tim Evaluator ZI dari Kemenpan RB ditutup dengan foto bersama. Semoga PTA Pekanbaru layak mendapat perdikat ZI dalam pelaksanaan tupoksinya.