Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Dalam menjalankan salah satu perannya untuk memberikan bimbingan mental terhadap personil PTA Pekanbaru, Musholla Al Mahkamah PTA Pekanbaru rutin melaksanakannya sekali dalam seminggu yakni setiap Jum’at selesai Sholat Ashar yang diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Hakim Tinggi PTA Pekanbaru secara bergantian. Namun ada yang berbeda dengan penyampaian tausiah minggu ini, karena Mushola Al Mahkamah menghadirkan penceramah dari luar PTA Pekanbaru yakni Ustad Dr. H. Mustafa Umar, Lc., MA yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2019 di Aula Utama PTA Pekanbaru, yang dihadiri oleh seluruh personil PTA Pekanbaru dan anggota Dharmayukti Karini Cabang PTA Pekanbaru.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Syahril, SH., MH yang menyampaikan antara lain bahwa bimbingan mental ini sangat penting dilaksanakan agar Sumber Daya Manusia (SDM/ personil) PTA Pekanbaru memiliki budaya kerja yang dilandasi pengetahuan agama. Nilai-nilai agama sangat penting untuk membentuk karakter dan SDM yang berkualitas sehingga tujuan pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Zona Integritas (ZI) yang menjadi komitmen PTA Pekanbaru dapat dilaksanakan, sehingga pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan terlayani dengan baik, sehingga masyarakat pencari keadilan mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Dalam penyampaian tausiahnya, Ustad Dr. H. Mustafa, Lc., MA mengambil tema yang berkaitan dengan keadilan. Berkaitan dengan tema tersebut, beliau menyampaikan Surat Shad ayat 26 yang artinya “Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan”.

Beliau juga menyampaikan surat An Nisa ayat 135 yang artinya Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.

Dengan adanya tausiah ini, diharapkan seluruh aparatur peradilan PTA Pekanbaru bisa berlaku adil dalam segala hal dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan memberikan pelayanan prima (excellent service) kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga tujuan pelaksanaan APM dan ZI di PTA Pekanbaru terwujud.