Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Senin (07/10/2019) Sosialisasi tentang Pedoman Pelaksanaan dan Pengeluaran Negara Pada tahun 2019 yang dilaksanakan oleh KPPN Dumai di Kementerian Agama Bengkalis dihadiri oleh Bendahara Pengeluaran Pengadilan Agama Bengkalis, Hardi Susanto, A.Md., S.E.Sy, PDG, Idham Khalid, S.E.Sy., dan Operator SIMAK-BMN, Syahrani, S.E.Sy. Acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini dihadiri sekitar 30 orang dari instansi vertikal yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Dalam rangka untuk menjamin kelancaran pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran negara pada akhir tahun anggaran 2019, Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengeluarkan Perdirjen Nomor PER-13/PB/2019. Peraturan ini ditetapkan untuk menjadi pedoman bagi seluruh satuan kerja pemerintah dalam pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran APBN di akhir tahun 2019. Menindaklanjuti hal tersebut, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Dumai, selaku instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan di daerah, berkewajiban untuk mengawal proses pelaksanaan APBN di Kabupaten Bengkalis. Dalam hal ini, KPPN Dumai menggelar sosialisasi Perdirjen Nomor PER-13/PB/2019 pada hari Senin tanggal 07 Oktober 2019.

Pedoman menghadapi akhir tahun anggaran meliputi kebijakan terkait penerimaan negara, pengeluaran negara dan pelaporan. Terkait kebijakan pengeluaran negara diatur hal-hal terkait Rencana Penarikan Dana, Pendaftaran Kontrak, UP/TUP/GUP, Pengajuan SPM, Bank Garansi, Pengesahan Hibah, Pinjaman Luar Negeri dan Pengeluaran BA BUN. Pengaturan batas waktu Pendaftaran kontrak, UP/TUP/GUP dan pengajuan SPM bertujuan untuk menjaga kelancaran penerimaan dan pengeluaran negara agar tidak menumpuk pada akhir tahun (bulan Desember).

Pedoman menghadapi akhir tahun anggaran meliputi kebijakan terkait penerimaan negara, pengeluaran negara dan pelaporan. Terkait kebijakan pengeluaran negara diatur hal-hal terkait Rencana Penarikan Dana, Pendaftaran Kontrak, UP/TUP/GUP, Pengajuan SPM, Bank Garansi, Pengesahan Hibah, Pinjaman Luar Negeri dan Pengeluaran BA BUN. Pengaturan batas waktu Pendaftaran kontrak, UP/TUP/GUP dan pengajuan SPM bertujuan untuk menjaga kelancaran penerimaan danpengeluaran negara agar tidak menumpuk pada akhir tahun (bulan Desember).

Acara sosialisasi berlangsung dengan tertib dan khidmat, semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi Pengadilan Agama Bengkalis agar siap menghadapi kegiatan di akhir tahun ini.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***