Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Rabu (16/10/2019) Pengadilan Agama Bengkalis mengikuti sosialisasi 9 (sembilan) aplikasi inovasi peradilan agama yang dilaksanakan oleh Badilag. Acara dilaksanakan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru pada pukul 08.30 WIB, dimulai pada tanggal 15 s.d 17 Oktober 2019. Pada sosialisasi tersebut, Pengadilan Agama Bengkalis diwakili oleh Slamet Firdaus, S.Akun., dan Masudi, A.Md.Kom., mereka merupakan tenaga-tenaga muda yang ahli dibidang TI pada Pengadilan Agama Bengkalis.

Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua PTA Pekanbaru, Dr. H. Harun. S, S.H., M.H., didampingi oleh Wakil PTA Pekanbaru,  Dr. H. Syahril, S.H, M.H., Sekretaris PTA Pekanbaru, Yohan Fauzi Yulises, S.Ag, M.H., dan Narasumber dari Badilag, Sutamo, S.I.P., M.M., dan Aminuddin Bukhary Harahap, S.Kom. Pada sambutannya, Ketua PTA Pekanbaru, Dr. H. Harun. S, S.H., M.H., menyampaikan kepada seluruh peserta agar dapat serius dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini, sehingga saat kembali ke PA masing-masing dapat menerapkan 9 aplikasi inovasi peradilan agama diawal tahun 2020.

Dan sesuai dengan instruksi Dirjen Badilag, dalam waktu yang tidak lama lagi, 9 Aplikasi Unggulan ini harus sudah diimpementasikan oleh Satuan Kerja Pengadilan Agama di seluruh Indonesia dan aplikasi-aplikasi lain yang bertentangan dengan 9 Aplikasi ini tidak diijinkan untuk digunakan lagi, serta seluruh Pengadilan diminta untuk menyiapkan spesifikasi yang diperlukan. 9 Aplikasi Unggulan tersebut adalah :

  1. Aplikasi Notifikasi Perkara
  2. Aplikasi Informasi Produk dan Perkara
  3. Aplikasi Antrian Sidang
  4. Aplikasi Data Kemiskinan
  5. Aplikasi Command Center
  6. Aplikasi PNBP Fungsional
  7. Aplikasi e-Eksaminasi
  8. E-Register
  9. E-Keuangan Perkara

Pada sosialisasi kali ini dibagi menjadi 2 tahap, tahap yang pertama penyampaian tentang 9 aplikasi oleh pengembang aplikasi yaitu tim IT Badilag, Aminuddin Bukhary Harahap, S.Kom. Beliau menyampaikan fungsi-fungsinya aplikasi dan siapa saja yang akan menggunakan aplikasi tersebut disetiap pengadilan agama. Kemudian tahap kedua uji coba penggunaan 9 aplikasi inovasi untuk seluruh admin PA yang ada di wilayah PTA Pekanbaru.

 

Tenaga ahli dari Pengadilan Agama Bengkalis dengan semangat mengikuti arahan yang diberikan oleh narasumber, dan mengikuti setiap arahan yang diberikan untuk menginstal 9 aplikasi yang diberikan secara bertahap. Walaupun mengalami beberapa kendala tidak mematahkan semangat mereka, karena seluruh peserta  saling bekerjasama dan saling membantu disaat sistem bermasalah dan galat. Semoga dengan mengikuti sosialisasi ini, Pengadilan Agama Bengkalis semakin terdepan, dan lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan.

 

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***