Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Senin (28/10/19) Bertempat di Halaman Kantor, Pengadilan Agama Bengkalis laksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 yang dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis beserta Siswa/ Mahasiswa Magang. 

Meskipun hujan gerimis ikut menemani, namun tak mengurangi semangat peserta upacara sehingga upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 berlangsung khidmat.

Upacara dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB dengan dipimpin oleh komandan upacara, Kamarizzaman, S.E.Sy., Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Rika Hidayati, S.Ag.,M.H., selaku pembina upacara.

Upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh PPPK Pengadilan Agama Bengkalis, Fitrayana, S.E.Sy. dan 2 orang Siswa Magang Dari SMKN 2 Bengkalis yang terdiri M. Sapri dan Oki Hernawan. Ayunan tangan dan derap langkah kaki ketiganya terlihat serentak dan menyatu laksana kobaran api semangat pemuda-pemuda Indonesia 91 tahun yang lalu.

Setelah selesai pengibaran bendera merah putih yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya, pembina upacara memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dan dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila oleh pembina upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 di Kantor Pengadilan Agama Bengkalis terus berlanjut dengan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Said Muhammad Faiz, Siswa Magang dari SMKN 2 Bengkalis dan pembacaan Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Anang Ubaidillah, Mahasiswa dari STAIN Bengkalis yang magang di Pengadilan Agama Bengkalis.

Kemudian upacara dilanjutkan dengan pembacaan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga RI oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis selaku pembina upacara. Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Upacara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh PPPK Pengadilan Agama Bengkalis, Nazori, S.H.I. Setelah upacara selesai seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Bengkalis beserta siswa/ mahasiswa magang berfoto bersama untuk mengabadikan momen peringatan hari sumpah pemuda ke 91 di Pengadilan Agama Bengkalis Tahun 2019.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia".

 ***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***