Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru pada hari Kamis tanggal 19 Desember 2019, pada pukul 13.30 WIB bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru menyelenggarakan rapat guna membahas tentang pengawasan. Rapat dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Panitera Pengganati PTA Pekanbaru.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Syahril, SH., MH, yang didampingi oleh Plt Panitera PTA Pekanbaru Dra. Hj. Ida Hamidah, MH (Panmud Banding), Sekretaris PTA Pekanbaru Yohan Fauzi Yulises, SH., MH. Dan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., MH. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan beberapa hal, yakni :

  1. Tentang kedisiplinan menggunakan anggaran tahun 2020. Anggaran tahun 2020 ini akan dibahas secara bersama, tentang penggunaaan anggaran tersebut untuk menentukan yang lebih diprioritaskan.
  2. Diharapkan masing-masing sub bagian untuk menyempurnakan SOP.
  3. Menyempurnakan job description.
  4. Tentang pengawasan ke daerah, semua hakim tinggi harus ikut untuk melaksanakan pengawasan ke daerah, karena pegawasan ke daerah merupakan salah satu tupoksi hakim, sementara untuk asisten pendamping hakim (Panitera Pengganti) akan dilaksanakan seleksi tentang penguasaan IT dan penguasaan aplikasi SIPP.
  5. Untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas, direncanakan sekitar pertengahan Jauari Tahun 2020 akan dilaksanakan Rapat Koordinasi, yang akan mengundang Dirjen Badilag, Ketua Kamar Agama.

Diakhir pengarahannya, Ketua PTA Pekanbaru memberikan penekanan kepada seluruh anggota rapat bahwa pengawasan ke daerah ini bukan untuk bagi-bagi uang dan refresing, akan tetapi untuk melakukan pembinaan dan membagi ilmu kepada PA yang berada dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru, diharapkan personil yang akan melakukan pengawasan adalah personil yang berkompeten dan kemampuan dibidangnya masing-masing.

Setelah pengarahan dari Ketua PTA Pekanbaru, dilanjutkan dengan pembahasan tentang pengawasan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru. Beliau menyampaikan beberapa hal antara lain bahwa dalam melaksanakan pengawasan, dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu pengawasan langsung, yakni dengan mengecek langsung dokumen-dokumen yang akan diperiksa, yang kedua pengawasan tidak langsung yakni dengan jarak jauh dengan cara telusur dokumen, misalnya dengan melakukan pengecekan, meneliti dan menganalisa laporan yang telah dikirim ke PTA Pekanbaru. Pengawasan yang akan datang untuk dilaksanakan secara efektif dan sesuai dengan APM (Akreditasi Penjaminan Mutu) dan menyesuaikan diri dengan pengawasan yang berbasis IT.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan saran dan tanya jawab dari peserta rapat.