Pengadilan Agama Dabo Singkep kedatangan TIM Surveillance dari PTA Pekanbaru  dalam melaksanakan Surveillance I Sertifikasi APM, yang telah dimulai dari tanggal 26 Nopember sampai 28 Nopember 2019. TIM yang di Pimpin oleh Lead Asessor  Dr. H. Syahril, SH., MH, Sekretaris PTA Bapak Yohan Fauzi Yulies, S.Ag., MH, Rioco Hendra, S. Kom., MH, Syarif Hidayatullah , ST, sebagai pendamping Asessor.

Sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi terhadap hasil akreditasi penjamin mutu yang dimana PA Dabo Singkep mendapatkan nilai A (Excelent), TIM Surveillance melaksanakan tugas guna memonitoring kembali pemberlakuan segala hal yang berhubungan APM dapat berjalan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada. Dalam pelaksanaan monitoring, TIM melihat secara khusus terhadap Manual Mutu yang telah disusun oleh PA Dabo Singkep, yang dilanjutkan dalam  penerapan ZI dan Pelayanan di PTSP yang sampai saat ini PA Dabo telah melaksanakan. TIM memandang yang dilakukan oleh PA Dabo Singkep telah baik dan mendapatkan apresiasi khusus dari Bapak Sekretaris PTA, karena apa yang telah dilakukan oleh PA Dabo Singkep sebagai Pengadilan Kelas II telah melebihi kinerja dari Pengadilan Kelas I B, hal ini menjadikan kebanggaan tersendiri Bapak Sekretaris karena PA Dabo Singkep, meskipun dengan Sarana dan Prasarana yang minim namun bisa memaksimalkan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan. Sebagai catatan dari TIM ada koreksi dalam hal lebih ditata lagi di dalam ruang kerja sehingga akan mencerminkan budaya 5 R.

Surveillance I akhirnya ditutup dengan Presentasi Pelaksanaan APM oleh Bapak Wakil Ketua PA Dabo Singkep  Yudi Hardeos, SHI., MSI. Dalam presentasinya bapak Waka menjelaskan penerapan 7 Area APM setahun terakhir ini, setelah mendapatkan nilai akreditasi. Mudah-mudahan setelah diadakannya Surveillance I ini kedepannya PA Dabo Singkep bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan.