Pekanbaru||www.pekanbaru.go.id

Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru mengundang beberapa orang tenaga ahli IT dari PA yang berada dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru. Undangan dimaksud merupakan tindaklanjut dari pembentukan Tim Satuan Tugas Teknologi Informasi yang tertuang dalam Surat Keputusan Ketua PTA Pekanbaru Nomor W4-A/382/HM.02.3/SK/12/2019 tanggal 31 Desember 2019, melaksanakan rapat bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru pada hari Senin 17 Februari 2020 yang dimulai pukul 08.30 WIB sampai selesai bersama pimpinan dan koordinator area pembangunan Zona Integritas.

Latar belakang dari dibentuknya Tim Satgas IT ini merupakan tindaklanjut dari pelaksanaan pembangunan Zona Integritas, dimana PTA pekanbaru akan menciptakan inovasi-inovasi berbasis IT yang dapat menunjang pelaksanaan tugas. Rapat dipandu oleh Sekretaris PTA Pekanbaru Yohan Fauzi Yulises, S.Ag., MH yang dilanjutkan dengan pembinaan dan pengarahan oleh Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., MH dan Wakil Ketua Dr. H. Syahril, SH., MH. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan agar Tim Satgas TI yang yang telah dibentuk yang terdiri dari Syarif Hidayatullah, ST, Rioco Hendra, S.Kom., MH, Khaidir, S.HI (personil PTA pekanbaru), Hendra Masputra, S.Kom., MH dari PA SIak Sri Indrapura, Sugeng, S.Kom dari PA Pekanbaru, Januardi, S.Kom., MH dari PA Dumai, Ronny Setiawan, A.Md dari PA Dabo Singkep, Eddy Supriadi, S.Kom dari PA Batam dapat bekerja sama untuk membantu PTA Pekanbaru dalam menggagas inovasi-inovasi yang bermanfaat dalam pembangunan Zona Integritas di PTA Pekanbaru.

Tentu pekerjaan ini merupakan hal yang membutuhkan pemikiran dan konsentrasi tinggi, sehingga inovasi yang akan dibuat dapat tercapai sesuai target. Setelah rapat ini diharapkan Tim Satgas TI dapat melanjutkan rapat untuk saling berkoordinasi dan bertukar fikiran dalam memberikan ide dan usulan antara sesama anggota tim. Ada beberapa gagasan yang telah diusulkan dalam rapat pimpinn yang dilaksanakan tanggal 11 Februari 2020, antara lain inovasi dalam penegakan disiplin yang didukung dengan cctv online yang dapat dipantau oleh pimpinan PTA Pekanbaru dan absensi online, dimana finger scan seluruh PA terkoneksi dengan finger scan PTA Pekanbaru, aplikasi Bank Putusan yang memuat semua putusan tingkat banding PTA Pekanbaru yang telah diminutasi, Buku Tamu Elektronik yang bisa memantau tamu yang datang ke PTA Pekanbaru PA sewilayah hukum PTA Pekanbaru yang akan diterapkan juga di seluruh PA Sewilayah hukum PTA Pekanbaru, e-SKP yang bisa memantau kinerja pegawai seluruh PA dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru. Diharapkan gagasan yang telah diusulkan dalam rapat dapat direalisasikan oleh tim.