Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Setelah mengunjungi PA Tembilahan, Kamis 11 Juni 2020 Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, S.H, M.H didampingi oleh Panitera PTA Pekanbaru Drs. H. Muhammad Nur, M.H, Staf Kepegawaian dan Teknologi Informasi Syarif Hidayatullah, S.T melanjutkan kunjungan dan pembinaan pada Pengadilan Agama Rengat. Ketua PTA Pekanbaru beserta rombongan tiba dikantor PA Rengat pada pukul 13.00, setelah tiba dikantor PA Rengat, seperti yang telah dilakukan di PA Tembilahan, Ketua PTA Pekanbaru dan rombongan didampingi oleh Pimpinan PA Rengat menyisir seluruh ruangan yang ada di PA Rengat untuk memperhatikan kebersihan, kerapian serta keindahan kantor. Ketua PTA Pekanbaru memberikan masukan-masukan terhadap tata ruang dan isi yang ada di PA Rengat, menyarankan agar senantiasa menjaga aset-aset yang ada.

Setelah menyisir seluruh ruangan yang ada di PA Rengat, selanjutnya Ketua dan Panitera PTA Pekanbaru melakukan pembinaan kepada seluruh Hakim dan Pegawai PA Rengat. Pembinaan dilakukan diruang sidang PA Rengat. Dalam pembinaannya, Ketua PTA Pekanbaru mengajak untuk  senantiasa bersyukur terhadap Kesehatan dan kesempatan yang Allah berikan, dengan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya serta Membuat perubahan-perubahan menuju lebih baik. Kemudian mengajak menciptakan kantor yang kondusif yang tidak ada pertikaian dan persaingan. Beliau menjelaskan ada indikator yang menunjukan kantor itu kondusif, yakni adanya keterbukaan, kebersamaan dan keteraturan. Untuk mewujudkan kantor yang kondusif, ada 3 hal yang harus dilakukan yakni adanya informasi, koordinasi dan konsultasi.

Selanjutnya giliran Panitera PTA Pekanbaru menyampaikan pembinaan. Dalam pembinaanya beliau mengingatkan agar berkas banding sebelum dikirim diteliti terlebih dahulu kelengkapannya dan dikirim tepat waktu. Begitu juga dengan laporan perkara, untuk dikirim tepat waktu. Tidak ada penumpukan akta cerai. Kemudian meningkatkan kinerja SIPP dan publikasi putusan.

Kemudian Ketua PTA Pekanbaru, mengabsen seluruh hakim dan pegawai PA Rengat untuk mengenal lebih dekat. Kemudian dibuka sesi tanya jawab. Sebelum ditutup Ketua PTA Pekanbaru meminta seluruh pegawai untuk menyampaikan yel-yel PA Rengat. Acara ditutup dengan foto bersama dengan seluruh hakim dan pegawai PA Rengat. Semoga dengan adanya pembinaan ini, Pengadilan Agama Rengat termotivasi untuk berubah lebih baik lagi.