Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme hakim dan pejabat kepaniteraan di PTA Pekanbaru dan PA sewilayah hukum PTA Pekanbaru, PTA Pekanbaru melaksanakan diskusi hukum yang dilaksanakan secara virtual di Aula Utama PTA Pekanbaru pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2020 yang diikuti oleh seluruh hakim dan pejabat kepaniteraan PTA Pekanbaru dan PA sewilayah hukum PTA Pekanbaru. Diskusi teknis yustisial ini membahas tentang hak tanggungan.

Acar diskusi dimulai dengan pembukaan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Hymne Mahkamah Agung. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara diskusi oleh Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., MH. Dalam sambutannya, Ketua PTA Pekanbaru menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya diskusi ini. Diskusi ini telah direncanakan jauh hari yang rencananya akan dilaksanakan disuatu tempat, namun karena situasi yang masih dalam pandemic covid-19, maka acara ini diselenggarakan secara virtual. Walaupun diskusi ini dilakukan secara virtual, diharapkan semua harus berperan aktif untuk mengikuti diskusi ini. Namun karena keterbatasan waktu atau jaringan internet, maka tidak semua peserta diberikan kesempatan untuk menanggapi atau mengajukan pertanyaan, bagi yang belum berkesempatan menyampaikan tanggapan atau pertanyaan pada diskusi ini maka dapat menyampaikannya melalui e-mail atau whatsapp kepada asisten koordinator. Diharapkan kepada koordintor, hasil dari diskusi ini dapat dijadikan suatu kesimpulan atau dibundel dalam bentuk buku, yang nantinya dapat menjadi pedoman dan dapat diterapkan di PA sewilayah terutama tentang eksekusi hak tanggungan. Diakhir sambutan Ketua PTA Pekanbaru membuka acara diskusi hukum ini dengan resmi.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni diskusi hukum yang dipandu oleh Hakim Tinggi PTA pekanbaru Drs. H. M. Nasir Mas, SH., MH selaku moderator. Sebelum memimpin diskusi beliau menyampaikan tata cara diskusi, mulai dari memperkenalkan narasumber/ pembahas yang akan disampaikan oleh Ketua PA Pekanbaru Drs. H. Usman, SH., MH, pembanding I oleh Ketua PA bengkalis Khoiriyah Roihan, SH., MH, pembanding II Ketua PA Teluk Kuantan Dr. Erlan Naofal, S.Ag., M.Ag, pembanding III oleh Ketua PA Tanjung Pinang Drs. H. M. Yusar, MH. Dalam penyampaian diskusi narasumber/ pembahas diberi waktu oleh moderator selama 15 menit.

Dan masing-masing pembanding diberi waktu 10 menit. Walaupun diskusi hukum ini dilaksanakan secara virtual namun tidak mengurangi semangat para hakim dan pejabat kepaniteraan untuk mengikuti diskusi hukum ini. Semoga diskusi ini dapat menambah wawasan para hakim dan pejabat kepaniteraan sehingga dapat meningkatkan kinerja dan dapat memberikan rasa keadilan untuk masyarakat pencari keadilan.