NATUNA – Memenuhi undangan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Natuna, Ketua Pengadilan Agama (PA) Natuna, Rusdi, S.Ag., M.H., mengikuti Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1441 H di Pantai Teluk Buton, Kamis, 23 April 2020. Dalam kegiatan tersebut, Rusdi didampingi oleh Panitera PA Natuna, Drs. Ishak.

Tim Rukyatul Hilal Kemenag Natuna yang melibatkan Pemda Natuna, MUI Natuna, Pengurus NU dan Muhammadiyah Natuna, BMKG Natuna, RRI Ranai, dan perangkat desa tersebut tidak berhasil melihat hilal. Namun demikian karena di lokasi lain ada yang berhasil melihat hilal maka selanjutnya pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Dalam sambutannya, Rusdi menyampaikan bahwa pada mulanya Rukyatul Hilal adalah kewenangan PA. Namun sejak PA bergabung menjadi satu atap bersama pengadilan lainnya di bawah Mahkamah Agung (one roof system of justice), PA hanya berwenang untuk mengitsbat Rukyatul Hilal.

Rusdi juga mendukung rencana pemilihan lokasi lain yang lebih strategis untuk Rukyatul Hilal di Kabupaten Natuna. “Ada kemungkinan yang lebih strategis adalah di Sedanau,” tutur sosok yang pernah bertugas di PA Krui, Lampung Barat tersebut. (SZ)