Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Rabu, 5 Agustus 2020 PTA Pekanbaru melaksanakan acara purnabakti salah seorang hakim tinggi yakni Drs. H. M. Nasir Mas, SH., MHdan pengantar tugas hakim tinggi Drs. H. Maharnis, SH., MH ke PTA Medan. Acara dilaksanakan di Aula Utama PTA Pekanbaru yang dihadiri oleh seluruh personil PTA pekanbaru, Ibu-ibu Dharmayukti Karini PTA Pekanbaru, tamu undangan dari beberapa PA terdekat dan diikuti oleh selruh PA sewilayah hukum PTA Pekanbaru melalui zoom meeting.

Acara kali ini terasa spesial dan mengharukan, dikarenakan Pak Nasir Mas dan Pak Maharnis merupakan salah seorang yang telah berjuang dari awal karirnya dalam membangun peradilan agama di PTA Pekanbaru dan beberapa PA yang berada dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru. Begitu juga halnya dengan Pak Maharnis, merupakan sosok yang memulai karir dari wilayah hukum PTA Pekanbaru.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a. Acara diisi dengan untaian kata perpisahan dari dari PTA Pekanbaru dalam hal ini diwakilkan oleh Ketua IKHAI PTA Pekanbaru Drs. H. Endang Muchlis, SH., MH. Pak Endang menguraikan dengan singkat mengenai karir Pak Nasir dan Pak Maharnis yang sama-sama meniti karirdi peradilan agama dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru dan akhirnya bertemu kembali dengan sama-sama menjadi Hakim Tinggi di PTA Pekanbaru. Kedua sosok ini telah berkarir dan menorehkan pekerjaan yang baik selama bertugas di PTA Pekanbaru. Tak lupa Pak Endang mengucapkan selamat memasuki purnabakti untuk Pak Nasir Mas dan selamat bertugas di tempat baru kepada Pak Maharnis.

Acara dilanjutkan dengan kata perpisahan dari Bapak Drs. H. M. Nasir Mas, SH., MH, dilanjutkan dengan untaian kata perpisahan dari Bapak Drs. H. Maharnis, SH., MH dan ditutup dengan sambutan dari Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., MH. Baik Pak Nasir Mas, Pak Maharnis maupun Ketua PTA Pekanbaru sama-sama bernostalgia awal mula karir yang dimulai di peradilan agama dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru. Dimana Pak Nasir Mas, Pak Maharnis dan Ketua PTA Pekanbaru sama-sama memulai karir di wilayah PTA Pekanbaru dalam waktu yang sama yakni pada tahun 1979.

Ada pesan yang disampaikan Pak Nasir Mas dalam kata perpisahannya, yakni Jabatan tidak perlu dikerjar, karena jika Allah menghendaki hal tersebut akan terpenuhi dan pesan kedua yakni bekerja dengan baik dan tegakkan disiplin, yang ketiga yakni masuk tepat waktu merupakan tanda awal untuk maju.

Dalam sambutan Ketua PTA Pekanbaru beliau memberikan beberapa nasehat antara lain yang disiplin akan maju dan merupakan pangkal keberhasilan, dengan bermodalkan disiplin. Diakhir sambutannya beliau mengharapkan agar hubungan silaturrahmi tetap terjalin dengan baik dan ditutup dengan permohonan maaf.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata, foto bersama dan makan siang bersama. Selamat memasuki masa purnabakti kepada Pak Nasir Mas, yang merupakan sosok teladan yang patut dicontoh dalam hal kinerjanya, dan selamat atas promosi Pak Maharnis ke PTA Medan.