Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Bertempat di Ball Room Hotel Grand Central Pekanbaru, pada hari ini Rabu 21 Oktober 2020, PTA Pekanbaru melaksanakan Bimtek untuk Bagian Kepaniteraan dan Bagian Kesekretariatan dengan tetap menjaga protokol kesehatan covid-19. Pelaksanaan Bimtek ini merupakan amanat dari PP Nomor 11 tahun 2017, tentang Manajemen ASN yang mana setiap pegawai memiliki hak dan kewajiban mengikuti pengembangan kompetensi paling sedikit 20 jam dalam 1 (satu) tahun. Pelaksanaan Bimtek ini berlangsung pada tanggal 21 s/d 23 Oktober 2020.

Peserta Bimtek Kepaniteraan terdiri dari Panitera, Jurusita dan operator Kepaniteraan. Sedangkan peserta dari Bagian Kesekretariatan terdiri dari Sekretaris, Kasubag Umum dan Keuangan, Kasubag Perencanaan, Pelaporan dan TI. Tema dari pelaksanaan Bimtek ini adalah Melalui Bimbingan Teknis, Kita Ciptakan SDM yang Unggul & Berintegritas.

Acara pembukaan yang dimulai pukul 20.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung dengan dirigen Sri Wardhini dan pembacaan do’a yang dipandu oleh Helmi Cendra, S.Ag., MH. Sekretaris PTA Pekanbaru Mukti Ali, S.Ag., MH selaku Ketua Panitia Bagian Kesekretariatan menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Bimtek. Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah DIPA, surat Sekma tentang pelaksanaan Bimtek, SK Ketua PTA Pekanbaru tentang pembentukan Panitia Bimtek Kepaniteraan dan Kesekretariatan tanggal 5 September 2020. Tujuan dari pelaksanaan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan SDM serta untuk mendapatkan tenaga yang terampil. Pelaksanaan Bimtek dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada tanggal 21 s/d 23 Oktober 2020. Jumlah peserta sebanyak 115 peserta terdiri dari Panitera 18 orang, Sekretaris 18 orang, Kasubag 36 orang, Jurusita Pengganti 19 orang dan operator kepaniteraan 20 orang. Narasumber pada acara Bimtek ini adalah dari PTA Pekanbaru, Biro Perencanaan & Organisasi, KPKNL dan DJPB Provinsi Riau. Dalam penyampaian laporan ini, Ketua Panitia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua PTA Pekanbaru, atas arahan, bimbingan dan petunjuk atas pelaksanaan kegiatan ini. Dan ucapan terimakasih kepada tim monitoring Badilag atas kehadirannya dalam kegaiatan ini serta ucapan terimakasih kepada panitia. Dipenghujung laporannya, tak lupa beliau menyampaikan permohonan maaf apabila ada kesalahan dan hal yang tidak berkenan selama berlangsungnya acara Bimtek ini.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., MH. Beliau menegaskan dalam pelaksanaan Bimtek ini seluruh peserta dan panitia harus selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan covid-19. Bimtek ini terlaksana setelah melalui konsultasi ke Badilag dan Biro Perencanaan dan Keuangan. Bahwa kesempatan dan kesehatan adalah dua hal yang saling melengkapi. Oleh sebab itu pergunakanlah dua hal ini untuk selalu membuat perubahan-perubahan, memperbaiki perilaku kita untuk bekerja sebagaimana diridhoi oleh Allah SWT. Bimtek Kepaniteraan dan kesekretariatan ini dilaksanakan secara bersamaan sebagai salah satu bentuk adanya saling keterkaitan diantara keduanya, yang juga saling melengkapi. Kepada seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti Bimtek denan sebaik-baiknya. Tak lupa Ketua PTA Pekanbaru kembali mengingatkan kepada aparatur peradilan harus selalu menjaga diri dari perbuatan tercela yang dapat mencoreng nama baik peradilan. Diakhir sambutannya, Ketua PTA Pekanbaru membuka Bimtek secara resmi. Dan pemasangan secara simbolis tanda peserta.

Selamat mengikuti Bimtek, jadikan Bimtek untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan dan diharapkan memberikan peningkatan dalam kualitas kerja dan kinerja.