Bengkalis || www.pa-bengkalis.go.id

Mediasi adalah upaya penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian (solusi) yang diterima oleh kedua belah pihak.

Tingkat keberhasilan mediasi juga sangat dipengaruhi sikap dan kualitas mediator baik dari kalangan hakim maupun non hakim yang bersertifikat. Alhamdulillah, pada hari Jum’at (01/10/20) salah satu Hakim Mediator pada Pengadilan Agama bengkalis, Mufti Arifuddin, S.Sy., telah berhasil mendamaikan para pihak pihak yang tengah berperkara, dalam Gugatan Perceraian dengan register perkara Nomor 416/Pdt.G/2020/PA.Bkls yang terdaftar tanggal 22 September 2020.

Dalam proses mediasi tersebut, hakim mediator memberi nasehat kepada kedua belah pihak. Atas nasehat yang diberikan oleh hakim mediator tersebut, Penggugat dan Tergugat sepakat mengakhirinya dengan kesepakatan damai dan akan membina rumah tangganya bersama Tergugat serta mencabut gugatannya.

Keberhasilan mediasi yang dilakukan oleh seorang hakim mediator tentunya merupakan suatu prestasi tersendiri. Semoga kedepannya semakin banyak perkara-perkara yang berhasil didamaikan oleh para mediator Pengadilan Agama Bengkalis.

***(Indra / Tim Redaksi PA Bengkalis / Editor (Zuhrini))***