Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Kamis, 11 Februari 2021, PTA Pekanbaru melaksanakan acara pelantikan Hakim Tinggi PTA Pekanbaru dan Ketua PA Pasir Pengaraian. Acara pelantikan berlangsung di Aula Utama PTA Pekanbaru yang dihadiri oleh personil PTA Pekanbaru dan tamu undangan dari PTA Bangka Belitung, PA Pekanbaru, PA Bangkinang, PA Pangkalan Kerinci, PA Ujung Tanjung, PA Siak Sri Indrapura dan Anggota Dharmayukti Karini. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung yang dilanjutkan dengan pembacaan do’a.

Hakim Tinggi PTA Pekanbaru yang dilantik oleh Ketua PTA Pekanbaru yakni Drs. H. M. Yunus Rasyid, SH., MH, yang sebelumnya bertugas sebagai Hakim Tinggi di PTA Bangka Belitung, dan Ketua PA Pasir Pengaraian yang dilantik yakni Mukhrom, S.HI., MH yang sebelumnya bertugas sebagai Wakil Ketua PA Pasir Pengaraian. Pelaksanaan pelantikan ini dilaksanakan dengan berdasar pada Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 10/KMA/SK/I/2021 tentang Promosi dan Mutasi Hakim Tinggi, Ketua dan Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama. Setelah pelantikan dilaksanakan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan hingga serah terima jabatan Ketua PA Pasir Pengaraian dari Ketua yang lama dan yang baru dilantik. Semua prosesi acara berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Dipenghujung acara, diisi dengan pidato pelantikan dari Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., MH. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Ibu Ketua PTA Bangka Belitung beserta rombongan yang bersedia hadir pada acara di PTA Pekanbaru hari ini, begitu juga untuk tamu undangan lainnya. Ucapan selamat kepada Hakim Tinggi dan Ketua PA yang baru dilantik tak lupa beliau sampaikan. Kepada Hakim Tinggi yang baru dilantik Pak Yunus, beliau berpesan semoga dapat menjalankan tugas dengan baik di PTA Pekanbaru, apalagi setelah dekat dengan keluarga yang berdomisili di Pekanbaru, semoga dapat memberikan energi positif dan semangat yang lebih baik lagi sehingga berdampak positif pada hasil pelaksanaan tugas. Demikian juga halnya kepada Ketua PA Pasir Pengaraian yang baru dilantik, yang sebelumnya merupakan Wakil Ketua PA Pasir Pengaraian, diharapkan mampu membawa PA Pasir Pengaraian untuk berprestasi lebih baik lagi, salah satunya dalam usaha dan upaya untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Tak lupa beliau mengingatkan bahwa dalam menjalankan tugas, harus selalu saling memberi informasi, saling berkonsultasi dan berkoordinasi sehingga kesuksesan dalam pelaksanaan tugas dapat diraih. Dipenghujung sambutannya, tak lupa beliau mengucapkan permohonan maaf apabila ada pelayanan yang kurang berkenanan selama pelaksanaan acara ini berlangsung.

Acara dilanjutkan dengan perpisahan Hakim Tinggi PTA Pekanbaru Drs. H. Rusdi, SH., MH yang dimutasi ke PTA Palembang dan Drs. H. Nuzirwan, M.HI yang dimutasi ke PTA Padang, serta perkenalan dengan Hakim Tinggi PTA Pekanbaru yang baru dilantik Drs. H. M. Yunus Rasyid, SH., MH.

Dalam acara perpisahan yang menjadi suatu kenangan, dimata teman sejawat sesama Hakim Tinggi yang diwakilkan oleh Dra. Hj. Lisdar, MH, Pak Rusdi merupakan sosok yang cekatan dan serba cepat dalam menyelesaikan tugas, dalam menyalurkan hobi beliau sangat suka bermain tenis. Sedangkan Pak Nuzirwan merupakan sosok yang tenang, santai akan tetapi tetap sigap dan tegas dalam bekerja. Dalam hidup bertetangga yang bertempat tinggal satu komplek, kedua sosok tersebut merupakan tetangga yang ringan tangan dalam membantu tetangga yang membutuhkan bantuan, apabila telah masuk waktu subuh, maka akan terdengar pintu pagar dibuka tanda beliau akan bergegas sholat berjama’ah ke masjid.

Pada acara perpisahan ini, untaian kata perpisahan yang diwakilkan kepada Pak Rusdi, menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalah dan sikap yang tidak berkenan selama menjalankan tugas di PTA Pekanbaru selama lebih kurang 2 (dua) tahun 2 (dua) bulan. Hal baik yang telah didapat selama bertugas di PTA Pekanbaru akan diterapkan nantinya di PTA Palembang tempat tugas yang baru. Beliau memohon do’a semoga dapat menjalankan tugas dengan baik di PTA Palembang.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan dari Hakim Tinggi yang baru dilantik Drs. H. M. Yunus Rasyid, SH., MH. Beliau memohon dukungan do’a dari semua yang hadir dalam acara, semoga selalu diberi kesehatan dan umur panjang sehingga dapat menjalankan tupoksi dengan baik dan lancar sehingga memberikan hasil yang memuaskan.

Acara perpisahan dan perkenalan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PTA Pekanbaru. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Pak Rusdi dan Pak Nuzirwan yang telah ikut membangun PTA Pekanbaru menjadi lebih baik, semoga ditempat tugas yang baru bisa lebih sukses. Dan ucapan selamat datang kepada Pak Yunus yang baru ikut bergabung di PTA Pekanbaru.

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan penyerahan kado, foto bersama dan makan siang bersama.