Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Memasuki bulan suci Ramadhan 1442 H, pengurus Musholla Al Mahkamah PTA Pekanbaru telah menyusun kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan Ramdahan 1442 H. Kegiatan tersebut yakni pelaksanaan tadarus dan tausiah singkat yang akan dilaksanakan di Musholla Al Mahkamah PTA Pekanbaru.

Seluruh personil PTA Pekanbaru dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang secara bergantian melaksanakan kegiatan tadarus dari hari senin hingga Kamis. Kegiatan tadarus dilaksanakan mulai pukul 11.00 WIB hingga menjelang masuk waktu Sholat Dzuhur. Untuk kegiatan tausiah singkat, dilaksanakan selepas Sholat Dzuhur berjama’ah. Tausiah diberikan oleh Hakim Tinggi PTA Pekanbaru sebagaimana jadwal yang telah disusun oleh pengurus musholla Al Mahkamah PTA Pekanbaru. Jadwal Tausiah juga dilaksanakan mulai hari Senin hingga hari Kamis.

Tausiah tanggal 1 Ramadhan 1442 H diisi oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. M. Shaleh, M.Hum. Beliau menyampaikan mengenai makna dan tujuan puasa, yakni untuk membersihkan hati dan jiwa. Pada bulan Ramadhan ini, hendaklah memperbanyak ibadah salah satunya dengan membaca Al Qur’an. Puasa tidak hanya dimaknai dengan menahan haus dan lapar, akan tetapi harus dapat menahan segala hal yang akan membawa keburukan atau mengurangi pahala puasa seperti menahan diri dari bergunjing. Ketika berbuka puasa juga harus dapat menahan hawa nafsu agar tidak makan secara berlebihan. Agar makna dan tujuan puasa dapat dicapai.