Safari perjalanan  Pembinaan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, ke Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, dalam membangun pola kerja yang berotientasi kepada perubahan mensed dalam menghadapi dan memberikan pelayanan di era digital kepada masyarakat pencari keadilan, pembinaan dilaksanakan pada tanggal 27 s.d 28 Mei 2021, berdasarkan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Nomor W4-A/1581/PS.01/5/2021, kunjungan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Drs. Muhammad Shaleh, M.Hum, didampingi oleh H. Yufrizal,S.H., M.H, Kabag Umum dan Keuangan, dan Panmud Banding Drs. Zulkifli serta Erison Pengemudi Tata Usaha dan Rumah Tangga Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru.

        Kunjungan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru dan rombongan di Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, diawali dengan memantau dan melihat secara dekat kondisi kebersihan semua ruangan termasuk ruangan PTSP, Wakil Ketua PTA PKU berintekrasi langsung dengan Pimpinan dan petugas PTSP, semuanya tak luput dari pantauan Wakil Ketua pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru.

           Setelah selesai melihat setiap ruangan kantor Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru memberikan kesempatan kepada Panmud Banding, Drs. Zulkifli, untuk menyampaikan arahan, beliau menyampaikan tentang keseragaman format sampul berkas Bundel A dan Bundel B dengan warna hijau, lihat Surat Nomor W4.A/1463/HK.05/5/2021 tentang penyeragaman berkas banding, dan berkas banding sebelum dikirim ke Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, harus diteliti dengan cermat, karena apabila ada salah satu kekurangan dari berkas tersebut, tidak dapat didaftarkan,  dan kelengapan berkas sudah rapi dan bagus itu bertujuan agar percepatan penyelesaian perkara bending. Kemudian dilanjutkan oleh H. Yufrizal, S.H., MH, Kabag Umum dan rumah tangga  PTA  Pekanbaru, beliau menyampaikan Pelaksanaan tupoksi berpedoman kepada ketentuan yang telah dibakukan bukan atas dasar kebiasaan dan meniru dan job description harus dibagi habis, kemudian Pelaksanaan penyerapan DIPA 01 dan 04 disegerakan sesuai aturannya, semester 1 harus sudah 50% dan laporan keuangan paling lambat diterima PTA tanggal 3  setiap bulan dan diimput ke dalam aplkasi keuangan, dan BMN yang sudah rusak berat segera diusulkan untuk penghapusannya inbuh beliau.

        Selanjutnya giliran Wakil ketua PTA Pekanbaru melakukan pembinaan, beliau menyampaikan bahwa pembinaan ini bertujuan memberikan arahan dan bimbingan, mulai dari PTSP, Pelayanan Terpadu Satu pintu,  implementasikan budaya 5 S, dan tingkatkan budaya 5 R,  kemudian pertajam implementasi APM,  Zona Integritas, Area-area yang belum sempurna agar disempurnakan  dalam rangka menuju WBK, berikan pelayanan yang terbaik di front office sehingga pelayanan awal dirasakan oleh masyarakat dengan layanan yang menyenangkan, beliau juga mengingatkan Pengadilan Agama Pangkalan kerinci agar tetap melaksanakan tugas-tugas pokok tersebut berdasarkan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, tingkatkan kemampuan dengan membaca buku-buku hukum  Acara, Peraturan Mahkamah Agung RI (PERMA) dan SEMA  kemudian buku-buku yang berhubungan dengan penyelesaian sengketa agar putusan-putusan yang dihasilkan bernilai maksimal dan bernilai Agung, berilah pelayanan dengan sebaik-baaiknya, pelayanan yang sama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap peradilan, dan tingkatkan pola kerja yang beroriantasi kepada pencapaian yang kita harapkan yaitu Pelayanan Prima. Dan mari kita berlomba-lomba secara sehat dan selalu menjadi yang terdepan dan yang terbaik dalam mewujudkan peradilan yang modern.

 

            Kemudian lanjut beliau tingkatkan kemapuan inovasi untuk berobah kearah yang lebih baik, tingkatkan rasa peduli terhadap lingkunan kantor, menjaga keindahan dan kerapian, tetap memberikan layanan yang berkeadilan dan menjaga integritas dan kejujuran dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan tidak membeda-bedakan dan tetap menjaga kebersamaan, keharmonisan, kekompakan diantara sesama, sehingga tugas-tugas  pokok dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, harapannya dengan kunjungan dan pembinaan dari Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru dapat memberikan motivasi, semangat yang lebih besar bagi Pegawai Pengadilan Agama Pangkalan kerinci dalam menjalankan tugas, untuk melayani masyarakat pencari keadilan.