Dumai | www.pa-dumai.go.id

Untuk memudahkan masyarakat yang pernikahannya belum tercatat secara resmi, maka Pengadilan Agama Dumai membuka Layanan Itsbat Nikah (Pengesahan Nikah) berbiaya murah. Hal ini mendapat sambutan baik dari Camat Bukit Kapur Agus Gunawan, S.Sos yang ditemui oleh Drs. Husnul Yakin, S.H.,M.H (Hakim) bersama Syahrullah, S.H.I.,M.H (Hakim) dan Murzani, S.Ag. (Panmud Hukum) diruangan beliau seusai sidang diluar gedung berlangsung.

Sebelumnya, PA Dumai sudah mengirimkan surat kepada Camat Bukit Kapur terkait dengan pelaksanaan program Itsbat Nikah di Kecamatan Bukit Kapur, hal tersebut langsung ditindaklanjuti beliau dengan membuat surat ke Kelurahan dan RT se-kecamatan Bukit Kapur untuk mendata warganya. Berdasarkan informasi yang diberikan, sudah ada beberapa orang yang mendaftarkan diri. Selain itu, camat juga memberikan batas waktu hingga akhir minggu ini dan hari minggu sudah mendapat laporan berupa data para pendaftar untuk program Itsbat Nikah ini.

 

Program Pengesahan Nikah (Itsbat Nikah) Biaya Murah ini merupakan satu program yang digadang dapat memudahkan pelayanan Access To Justice, memudahkan masyarakat menjangkau pengadilan untuk menyelesaikan masalah meraka.Selanjutnya, program ini akan terus dikembangkan dan diterapkan untuk wilayah kecamatan lain di Kota Dumai secara bertahap.

***(Tim Redaksi PA Dumai)***