Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Rabu, 16 Juni 2021, PTA Pekanbaru elaksanakan kegiatan pembinaan mental. Acara ini dilaksanakan di Aula Utama PTA Pekanbaru yang diikuti oleh seluruh personil PTA Pekanbaru. Pembinaan mental kali ini disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. M. Shaleh, M.Hum.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH.,MH. Beliau berpesan dihadapan semua yang hadir agar dapat mengikuti ceramah yang akan disampaikan nanti dengan baik. Mudah-mudahan yang disampaikan dalam ceramah bisa diikuti dengan baik dan diamalkan dalam kehidupan seharai-hari.

Acara dilanjutkan dengan ceramah/ bimbingan mental yang disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru. Beliau mengambil tema seputar Nikmat dan Syukur. Bahwa setiap detik kita selalu diberi nikmat yang tiada terhingga. Nikmat yang diterima tersebut tidak akan mampu kita ukur dan kita hitung. Salah satu cara untuk bersyukur yakni menyadari bahwa seluruh nikmat adalah atas pemberian Allah SWT sebagaimana yang dijelaskan dalam surat An Nahl ayat 53 “Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah, kemudian apabila kamu ditimpa kesengsaraan, maka kepada-Nyalah kamu meminta pertolongan”. Dan Allah SWT memerintahkan umatnya untuk bersyukur sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 153 “Karena itu, ingatlah kalian kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepada kalian. Dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kalian mengingkari (nikmat)-Ku.”

Bekerja dengan baik termasuk bagian dari bersyukur kepada Allah SWT, sebagaimana yang dijelaskan dalam surat As Saba’ ayat 13 “Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya (membuat) gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap (berada diatas tungku). Bekerjalah wahai keluarga Dawud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur”. Maka janganlah bermalas-malasan dan tidak mau bekerja, karena hal tersebut termasuk dalam kufur.

Ada 4 (empat) manfaat bersyukur yakni :

  1. Akan ditambah nikmatnya. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Ibrahim ayat 7 “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”.
  2. Akan mendatangkan kebahagiaan. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Luqman ayat 12 “Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, ”Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji”.
  3. Akan menghilangkan azab. Sebagaimana dijelaskan dalam surat An Nisa ayat 147 “Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui”.
  4. Akan mendatangkan ridho Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Az Zumar ayat 7 “Jika kamu kafir (ketahuilah) maka sesungguhnya Allah tidak memerlukanmu dan Dia tidak meridai kekafiran hamba-hamba-Nya. Jika kamu bersyukur, Dia meridai kesyukuranmu itu. Seseorang yang berdosa tidak memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sungguh, Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam dada(mu)”.

Semoga sesuai dengan pesan Pak Ketua, kita semua dapat mengamalkan isi ceramah/ pembinaan mental yang telah disampaikan Pak Waka. Pembinaan mental ditutup dengan makan siang bersama.