Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

 

Bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru, Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru melaksanakan kegiatan Bimtek Administrasi Kesekretariatan di Bidang Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Sewilayah PTA Pekanbaru Tahun Anggaran 2021, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 16-18 Juni 2021. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh Sekretaris, Kasubag Umum dan Keuangan, dan Kasubag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan PA Sewilayah. Bimtek kali ini mengusung tema “Membangun Sumber Daya Manusia Peradilan Agama yang Profesional dan Berintegritas”.

 

Pembukaan Bimtek Kesekretariatan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2021 pukul 19.30 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dengan hymne Mahkamah Agung, kemudian pembacaan doa, sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Bimtek oleh Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Harun S., S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat dating kepada peserta serta beliau mengingatkan kepada peserta untuk selalu bersyukur karena dalam kondisi Covid saat ini kita masih diberi kesehatan sehingga dapat mengikuti kegiatan Bimtek. Kegiatan Bimtek ini merupakan ajang untuk menambah wawasan bagi pejabat kesekretariatan. Diharapkan setelah mengikuti Bimtek ini seluruh peserta memiliki ilmu yang sama untuk dapat diterapkan di satker masing-masing, sehingga tercipta keseragaman pelayanan yang optimal di setiap Pengadilan Agama. Untuk itu peserta diminta mengikuti kegiatan dengan baik dan serius. Rangkaian acara pembukaan diakhiri dengan penyematan tanda peserta oleh Ketua PTA Pekanbaru, yang diwakili oleh Kasubag Umum dan Keuangan PA Siak Sri Indrapura Rinto S.H. serta Kasubag PTIP PA Tanjung Pinang.

 

Acara Bimtek dilanjutkan dengan penyampaian materi kebijakan pimpinan, disampaikan langsung oleh Ketua PTA Pekanbaru. Kemudian pemaparan materi dari Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. M. Shaleh, M.Hum yang berjudul “Peran Kesekretariatan sebagai Pendukung Tugas Pokok Peradilan”. Dalam materi tersebut Wakil Ketua menjelaskan bahwa lembaga peradilan adalah lembaga yudikatif, namun dalam lembaga yudikatif tersebut terdapat unsur eksekutif, yakni kesekretariatan dalam lembaga yudikatif mempunyai peran yang berbeda, namun tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu harus dibangun sinergi dan tidak boleh ada ego sektoral karena antara teknis dan non-teknis merupakan satu teamwork yang mempunyai satu tujuan, yaitu mewujudkan badan peradilan yang agung.

 

Dengan adanya pemaparan materi “Peran Kesekretariatan sebagai Pendukung Tugas Pokok Peradilan” para peserta menjadi mengerti dan memahami kedudukan masing-masing sesuai dengan tupoksi, sehingga ke depannya dapat memberikan pelayanan publik yang memuaskan.