Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Setelah selesai dilaksanakan dengan lancar Bimtek Kepaniteraan dan Kesekretariatan PA Sewilayah hukum PTA Pekanbaru selama 3 (tiga) hari, pada tanggal 23 s/d 25 Juni 2021 di Hotel Pangeran Pekanbaru, maka pada hari Jum’at tanggal 25 Juni 2021 pukul 10.30 dilaksanakan penutupan kegiatan Bimtek di Hotel Pangeran Pekanbaru Ruang Bertuah, yang diikuti oleh seluruh peserta, panitia dan narasumber.

Acara diawali dengan penyampaian kesan dan pesan dari peserta yang diwakilkan kepada Wira Utama, SH Panitera PA Tarempa. Dalam kesan dan pesannya, beliau menyampaikan beberapa hal antara lain ucapan terimakasih kepada pimpinan PTA Pekanbaru dan panitia yang telah mewujudkan terlaksananya bimtek ini, karena banyak ilmu yang diperoleh dalam bimtek ini. Ditengah pandemi covid-19, pelaksanaan bimtek tetap dilaksanakan demi untuk memberikan ilmu dan membentuk SDM yang berkompeten. Materi-materi yang telah diperolah untuk diterapkan di satker masing-masing dan membentuk SDM yang professional dan berintegritas, menambah wawasan dan pemahaman serta menjadi ajang silaturrahmi. Tak lupa permohonan maaf kepada pimpinan dan panitia apabila ada tindakan, perkataan dan perbuatan peserta yang tidak pada tempatnya. Diakhir penyampaian kesan dan pesan ditutup dengan menyerukan yel-yel.

Dalam penutupan bimtek ditetapkan peserta terbaik penilaian panitia dengan kriteria yang telah ditentukan, terpilih dari bagian Kepaniteraan Helmy Cendra, S.Ag., MH Panitera PA Ujungtanjung, dan dari bagian Kesekretariatan Nur Syahidi, S.HI Kasubag Kepegawaian dan Ortala PA Dumai, yang juga terpilih sebagai peserta terfavorit pilihan peserta. Para peserta terbaik dan terfavorit mendapat bingkisan dari panitia yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua PTA Pekabaru.

Acara dilanjutkan dengan penanggalan tanda peserta dan penyerahan piagam secara simbolis oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru yang diwakilkan kepada Monica Ayu Puspitasari Staf Sub Bagian Kepegawaian dan Ortala PA Tarempa dan Idham Khalid, S.E.Sy Jurusita PA Bengkalis.

Dalam penutupan bimtek, Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. M. Shaleh, M.Hum memberikan sambutan. Beliau berharap setelah dilaksanakan bimtek ini, ada keseragaman penerapan baik pemahaman dan implementasi disatker masing-masing terkait pelaksanaan tupoksi. Peserta merupakan utusan dari tiap PA dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru yang diharapkan memperoleh ilmu untuk diri sendiri dan juga harus menularkan ilmu tersebut kepada personil lainnya di satker masing-masing. Kita harus sama-sama berjuang untuk membangun peradilan agama, oleh sebab itu dibutuhkan komitmen dan ketangguhan dalam menjalankan tupoksi. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, kita harus memeilki 4 (empat) karakter, yakni :

  1. Harus memiliki intelektualitas yang memadai, dimana kita harus terus-menerus untuk menuntut dan meningkatkan ilmu, salah satunya melalui bimtek.
  2. Harus professional, mampu melaksanakan tugas sesuai dengan sistem dan tata kerja yang ada, mari bekerja secara professional sesuai dengan bidang masing-masing.
  3. Harus mempunyai integritas.
  4. Harus memiliki sifat 3T yakni tangguh, tanggap dan tangkas.

Dipenghujungan sambutan, beliau menutup pelaksanaan bimtek secara resmi.

Acara penutupan bimtek diakhiri dengan pembacaan do’a, menyanyikan lagu Padamu Negeri dan foto bersama peserta bimtek. Selamat atas telah terselenggaranya pelaksanaan bimtek Kepaniteraan dan Kesekretariatan, semoga ilmu yang telah diperoleh dapat diterapkan dengan baik sehingga pelaksanaan tupoksi dapat berjalan lancar.