Lika-Liku Perjalanan Tim Sidang Keliling Pengadilan Agama Dabo Singkep

Untuk mengurangi pasien Covid 19 pemerintah menerapkan PPKM secara nasional, provinsi kepulauan Riau ada empat daerah yang ditetapkan PPKM yakni Batam, Tanjung pinang, Bintan, dan Natuna.

Akibat penerapan PPKM tersebut kapal dari Batam dan Tanjungpinang ke Dabo Singkep tidak beroperasi sebagai mana biasanya dan begitu juga sebaliknya dari Dabo Singkep ke Batam dan Tanjungpinang.

Biasanya pelaksanaan sidang keliling PA Dabo Singkep di desa Benan dengan menggunakan kapal yakni kapal Lintas Kepri dan Ocean Dragon yang arahnya juga ke pelabuhan Benan.

Karena kapal dari Dabo Singkep menuju Batam dan Tanjungpinang tidak beroperasi berimbas terhadap sidang keliling PA Dabo Singkep yang telah direncanakan dan didaftarkan perkara itsbat nikah pada tanggal 22 Juni 2021 dan sidang yang telah ditetapkan pada hari Rabu, 14 Juli 2021.

Demi pelayanan prima dan sidang yang telah ditetapkan, tim sidang keliling PA Dabo Singkep pada pukul 06.30 WIB telah meninggalkan kantor menuju pelabuhan Jagoh menuju lokasi sidang keliling di desa Benan, tim sidang keliling PA Dabo Singkep yang terdiri dari Majelis Hakim Amri Yantoni, S.H.I., M.A, Darman Harun, S.H.I, H. Arif Budiman, L.c., MA.Hk, dan Panitera pengganti Januardi, S.Kom., M.H serta admin dan protokoler Khairul, S.Pd.I.

Tim sidang keliling PA Dabo Singkep tetap berangkat menuju lokasi sidang keliling di desa Benan dengan cara menyewa speed, mobil rental dan speed lagi untuk menuju Desa Benan tersebut.

Perjalanan tim sidang keliling PA Dabo Singkep :

1. Kantor PA Dabo Singkep ke pelabuhan Jagoh dengan mobil dinas 45 Menit.

2. Pelabuhan jagoh ke pelabuhan penarik dengan speed muatan 7 org 30 menit

3. Pelabuhan penarik ke pelabuhan Sei Tenam naik Mobil rental 1 jam 15 menit.

4. Pelabuhan Sei Tenam ke pelabuhan Rejai 1 jam dg speed muatan 5 orang.

5. Pelabuhan Rejai ke Pelabuhan Benan 2 jam dg speed yg sama muatan 5 orang yakni lokasi sidang keliling.

Karena cuaca buruk, angin kencang dan gelombang besar perjalanan tidak dapat dilanjutkan ke Benan, lokasi sidang keliling. Tim sidang keliling PA Dabo Singkep pada pukul 15. 30 WIB terdampar di desa Rejai, kata tekong perjalanan tidak dapat dilanjutkan karena cuaca ekstrim dan akan dilanjutkan besok pagi. Jika cuaca bersahabat dan tim sidang keliling PA Dabo Singkep menginap di desa Rejai.

Mudah-mudahan cuaca, angin serta gelombang besok pagi bersahabat dan dapat dilakukan perjalanan laut oleh tekong atau nakhoda speed menuju lokasi sidang keliling.