Dumai | www.pa-dumai.go.id

Kamis, 15 Juli 2021 bertempat di Ruang Sidang Cakra PA Dumai, dilaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dengan dihadiri oleh Ketua Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H, Hakim Pengawas, Drs. Husnul Yakin, S.H.,M.H, unsur kepaniteraan dan pengelola Posbakum.

Dalam pengantarnya Ketua PA Dumai, Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H. Menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Posbakum di PA Dumai “Pertemuan ini dimaksudkan untuk menghimpun permasalahan ataupun kritik dan saran dalam pelaksanaan aktivitas pelayanan Posbakum, sehingga kedepan layanan Posbakum dapat berjalan optimal dan baik” tuturnya.

Dalam evaluasi tersebut juga disampaikan tentang teknik pembuatan gugatan dan kaitannya dengan penyelesaian perkara yang perlu menjadi perhatian untuk segera diperbaiki. Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Husnul Yakin, S.H.,M.H sebagai hakim pengawas PA Dumai. “Identitas para pihak harus jelas, alamat tempat tinggal jangan sampai berbeda dengan yang senyatanya” jelas Husnul

Penyelesaian perkara ada batasan waktunya, sehingga penerimaan perkara juga harus memperhatikan alamat atau domisili yang jelas dan terang. Jangan gampang membuat alamat para pihak menjadi ghaib atau tidak jelas ini akan berpengaruh terhadap penilaian kinerja SIPP.” tutur Khoiriyah selaku Ketua PA Dumai.

Dan kedepan untuk mendukung pembangunan wilayah zona integritas (ZI), Khoiriyah berharap Posbakum juga dapat memberikan dukungan dalam kinerja pelayanan di PA Dumai. “Kedepan kita semua harus berkomitmen dalam pembangunan ZI, Posbakum meskipun organnya diluar struktur PA Dumai namun tentunya para pihak mengira adalah bagian dari internal satker PA Dumai, maka Posbakum juga harus berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada para pencari keadilan, bebas pungli, bebas suap dan bebas sogok” tambahnya.

***(Tim Redaksi PA Dumai)***