Dumai | www.pa-dumai.go.id

Selasa (27 Juli 2021) Pengadilan Agama (PA) Dumai Kelas IB sukses menggelar sidang Itsbat Nikah Berbiaya Murah yang bertempat di Kelurahan Gurun Panjang Kecamatan Bukit Kapur. Pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh PA Dumai setelah sosialisasi yang dilakukan sejak awal program ini dicanangkan pada bulan Februari 2021.

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Ketua PA Dumai Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H., “Saya selaku Ketua Pengadilan Agama Dumai mewakili sangat mengapresiasi kehadiran Bapak Walikota, Ketua DPRD, Kepala Disdukcapil, Camat Bukit Kapur, Lurah Gurun Panjang serta seluruh peserta sidang Itsbat Nikah yang hadir. Selanjutnya, khusus untuk para peserta Sidang Itsbat Nikah ini untuk dapat tertib baik itu tertib administrasi dan tertib untuk menjaga protokol kesehatan demi kelancaran kegiatan ini”. tutur beliau.

Selanjutnya pembukaan secara resmi Sidang Itsbat Nikah Berbiaya Murah ini oleh Walikota Dumai H. Paisal, SKM.,MARS. "Saya sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Dumai kali ini. Apalagi ditengah situasi sekarang, dimana prekonomian masyarakat belum baik, dengan Itsbat Nikah ini sangat besar manfaatnya untuk kalangan masyarakat tidak mampu," ungkapnya.

Sidang Itsbat Nikah berbiaya murah ini diikuti oleh 24 pasangan dari berbagai kalangan. Sejak awal pencanangan program ini memang untuk menyasar masyarakat yang berdomisili jauh dari Kantor Pengadilan Agama Dumai untuk memudahkan, mendekatkan dan memurahkan pelayanan hukum untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tetap menerapkan penggunaan kartu tanda pengenal berupa name tag (Pihak Berperkara Berwarna Hijau dan Saksi Berwarna Biru) sesuai dengan Surat Ditjen Badilag dengan nomor 1812/DJA/HM.00/6/2021. Dan Alhamdulillah, pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah Berbiaya Murah Perdana ini terselenggara dengan lancar. Kami berharap untuk Sidang Itsbat Nikah Berbiaya Murah ini bisa meningkatkan lagi antusiasme masyarakat Kota Dumai agar semakin banyak masyarakat yang terbantu.

***(Tim Redaksi PA Dumai)***