Bengkalis | www.pa-bengkalis.go.id

Kamis, 29 Juli 2021 Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Dr Hasan Nul Hakim, S.H.I.,M.A  menghadiri  Undangan Ziarah ke makam Pahlawan  dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten Bengkalis yang ke -509 tahun 2021. Kegiatan ini di laksanakan oleh Pemerintah daerah kabupaten Bengkalis dan di hadiri Bupati Bengkalis Kasmarni dan di damping Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso dan Forkopimda kabupaten Bengkalis serta pejabat kabupaten Bengkalis.

Ziarah kali ini ada empat tempat Makam Pahlawan yang di ziarah  diantaranya Taman Makam Pahlawan Kusuma Kesatria, Makam Panglima Minal, Makam Dara Sembilan terakhir Makam H.Abdul ah Nur.  Dalam  acara ziarah tersebut  Bupati Bengkalis  menyampaikan  meskipun saat ini kita masih dilanda pandemi Covid-19, akan tetapi tidak melunturkan semangat kita untuk terus menanamkan rasa saling peduli, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong dan bangkit kembali dari keterpurukan ini. “Untuk itu mari bersama sama kita bangkitkan jiwa kepahlawanan dalam diri kita dan perkokoh persatuan dan kesatuan,” ajak bupati Bengkalis Kasmarni.

Selanjutnya ketua Pengadilan Agama Bengkalis beserta beserta rombongan langsung menuju ke makam Panglima Minal di Jalan Panglima Minal Desa Air Putih Bengkalis dan disambut dengan penampilan silat dari masyarakat Desa Air Putih. Kemudian agenda dilanjutkan dengan pembacaan rekam jejak sejarah Panglima Minal untuk mengingat kembali jasanya. Setelah ziarah dilakukan pemberian santunan kepada ahli waris Panglima Minal. Kemudian Rombongan  melakukan ziarah dan tabur bunga di makam bersejarah Dara Sembilan yang terletak di Jalan Panglima Minal Desa Senggoro. Ketua Pengadilan Agama Bengkalis  beserta Rombongan tiba di lokasi Makam Dara Sembilan Pukul 09.00 WIB.  Tiba di lokasi, rombongan disambut dengan kompang, penampilan silat dan pembacaan sejarah singkat tentang Dara Sembilan. kemudian ditutup dengan doa dan dilanjutkan penaburan bunga bersama, kemudian pembagian bingkisan kepada ahli waris Dara Sembilan. Terakhir Ketua Pengadilan Agama Bengkalis dan rombongan melaksanakan ziarah di Makam H Abdullah Nur di Desa Kelapapati Laut Bengkalis  tiba di lokasi Makam H. Abdullah Nur Pukul 09.53 WIB. Tiba di lokasi, rombongan disambut dengan kompang,  penampilan silat dan pembacaan sejarah singkat tentang H Abdullah Nur, kemudian ditutup dengan doa dan dilanjutkan penaburan bunga bersama dan diakhiri santunan kepada ahli keluarga H Husnul Arifin Bin H Abdullah Nur    . *** Tim Redaksi PA Bengkalis***