Siak Sri Indrapura - pa-siak.go.id

WhatsApp Image 2021-09-02 at 16.02.17.jpeg

Kamis, 2 September 2021 pada pukul 09.00 WIB bertempat di kantor Camat Kecamatan Sungai Apit Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura beserta dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Siak melaksanakan kegiatan pelayanan sidang itsbat nikah terpadu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak tahun anggaran 2021. Tim yang ditugaskan adalah Hakim Deded Bakti Anggara, Lc., Susi Endayani, S.Sy., Panitera Muda Hukum Sudarmono, S.H.I., M.H., Panitera Muda Gugatan Hermawandi, S.H.I., Pengadministrasi Hukum Nur Agus Chaniago, PPNPN Abdul Halim dan Cpns Muhammad Jhonri Shoukie, S.H.

WhatsApp Image 2021-09-02 at 09.42.56.jpeg

Kesadaran masyarakat akan arti penting administrasi kependudukan masih terbatas, terutama bagi masyarakat kurang mampu. Masyarakat menikah secara agama tetapi belum tercatat secara hukum, sehingga belum memiliki buku nikah, Ketidakpastian hukum masyarakat ini tidak boleh berlanjut, Berkaitan dengan kondisi tersebut Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura beserta dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat pencari keadilan tersebut. Dalam kegiatan pelayanan sidang itsbat nikah terpadu ini masyarakat yang telah dinyatakan lolos tahap verivikasi akan melaksanakan persidangan, selanjutnya perkara akan diputus oleh Majelis Hakim sehingga masyarakat pencari keadilan secara langsung bisa mendapatkan produk pengadilan berupa salinan penetapan dari Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura. Produk pengadilan berupa salinan penetapan tersebutlah yang nantinya akan dipergunakan untuk mendaftarkan dan menerbitkan buku nikah ataupun dapat dipergunakan untuk penerbitan dokumen administrasi kependudukan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

WhatsApp Image 2021-09-02 at 09.42.57.jpeg

Alhamdulillah kegiatan pelayanan sidang itsbat nikah terpadu tersebut berjalan dengan lancar, tertib sebagaimana mestinya dan semoga dapat terlaksana secara berkelanjutan baik dikecamatan Tualang ataupun dikecamatan lain di wilayah hukum Kabupaten Siak