Pekanbaru  30 Agustus  2021

            Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru kembali melakukan pembinaan  dan Pengawasan melalui vitual dengan jadwal Pengawasan Pada tanggal 30 Agustus 2021, Pembinaan dilakukan  oleh Hakim Tinggi Drs. H. Yunus Rasyid,S.H., M.H. dan dihadiri juga oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. H. M. Sutomo,S.H., M.H sebagai  koordinator    Pembinaan   dan didampingi Panitera Pengganti Fahlinawati, S.H., M.H berdasarkan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, tertanggal 02 Agustus 2021 Tentang Pembinaan dan Pengawasan.

            Pembinaan melalui virtual ini Hakim Tinggi Pengawas menyampaikan kepada Pengadilan Agama Natuna, agar penyelesaian perkara harus menjadi perhatian, diselesaikan dengan cepat, tepat, tepat waktu, sederhana dan biaya ringan dan perlu menjadi perhatian dan catatan kepada Pengadilan Agama Natuna adalah percepatan penyelesaian perkara dan perkara yang sudah putus harus diapload di SIPP, harapannya sisa perkara untuk akhir tahunnya menjadi sedikit, kemudian dilihat dari Rapor Penanganan perkara berdasarkan SIPP priode 27 Agustus 2021 Pengadilan Agama Natuna berada diperingkat 21, oleh karena itu Hakim Tinggi  Drs.H.M. Yunus Rasyid, SH, MH, mengingatkan agar Rapor SIPP yang sudah bagus harus ditingkatkan lagi untuk menjadi lebih bagus kedepannya.

            Kemudian beliau juga menyampaikan kepada Pengadilan Agama Natuna agar penerapan PTSP Pelayanan terpadu satu pintu, betul-betul menjadi layanan unggulan untuk memudahkan masyarakat pencari keadilan, diharapkan dapat memberikan layanan yang memuaskan dengan menerapkan implementasi   Budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan budaya memuliakan tamu, sehingga dengan Pelayanan terpadu satu pintu  ini akan terwujudlah pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur, dan  bermutu.

Selanjutnya giliran Wakil ketua PTA Pekanbaru melakukan pembinaan, beliau menyampaikan bahwa pembinaan ini bertujuan memberikan  bimbingan  dan masukan sekaligus evaluasi terhadap kinerja Pengadilan Agama Natuna agar tetap melaksanakan tugas-tugas pokok tersebut berdasaarkan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, tingkatkan kemampuan dengan berdiskusi tentang hukum yang berkembang sesama hakim,  membaca buku-buku hukum  Acara, dan buku-buku yang berhubungan dengan penyelesaian sengketa agar putusan-putusan yang dihasilkan bernilai Agung, berilah pelayanan dengan sebaik-baaiknya, pelayanan yang sama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap peradilan, dan tingkatkan pola kerja yang beroriantasi kepada pencapaian.

            Kemudian lanjut beliau tingkatkan kemapuan inovasi untuk memudahkan layanan kepada masyarakat pencari keadilan (pelayanan prima) dan tingkatkan  kedisiplinan masuk kantor, disiplin berpakaian, disiplin apel Senin pagi dan apel jum’at sore  tingkatkan rasa peduli terhadap lingkunan kantor, menjaga keindahan   dan memberikan layanan yang berkeadilan dan menjaga integritas dan kejujuran dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan tidak membeda-bedakan dan tetap menjaga kebersamaan, keharmonisan, kekompakan diantara sesama, sehingga tugas-tugas  pokok dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, semoga dengan adanya pembinaan melaui virtual ini dapat memberikan semangat  dan motivasi  bagi Pegawai Pengadilan Agama Natuna dalam menjalankan tugas, untuk melayani masyarakat pencari keadilan.