Berita PA Bengkalis || www.pa-bengkalis.go.id

Kamis (29/4/2021) bertepatan dengan hari ke 17 bulan suci Ramadhan 1442 H, Pengadilan Agama Bengkalis kembali mengadakan tausiyah singkat yang rutin setiap hari diselenggarakan di Masjid Daarul Ihsan Pengadilan Agama Bengkalis selama bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut diawali dengan sholat dzuhur bersama yang dihadiri oleh seluruh pegawai serta mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan magang.Kultum Ramadhan kali ini dibuka dengan bacaan Basmallah oleh Pembawa acara yaitu Mashudi, A.Md.Kom, dan diisi dengan ceramah singkat oleh Panitera Pengganti yakni Yushadeni, S.H.I., L.L.M.

Dalam kultumnya, beliau menyampaikan mengenai bagaimana kiat sukses dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan sehingga dapat menjadi penolong seorang hamba di Yaumil Akhir kelak, yakni diantaranya terdapat 6 hal yaitu :

  1. Meluruskan niat hanya karena Allah.
  2. Puasa sesuai dengan aturan syariat, artinya dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kita harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.
  3. Mengkonsumsi yang halal, baik itu makanan dan minuman serta pakaian yang dikenakan haruslah dari harta yang halal.
  4. Menjaga anggota tubuh dari segala bentuk kemaksiatan.
  5. Memaksimalkan ibadah selama bulan Ramadhan, dengan melakukan berbagai kegiatan positif, baik yang bersifat ibadah ritual maupun sosial.
  6. Adanya perubahan perilaku dan sikap  yang lebih baik pasca Ramadhan.

“Puasa semacam itulah yang sekiranya dapat menjadi penolong kita kelak, bukan sekedar puasa yang tidak membawa perubahan apapun, puasa yang tidak menghasilkan sesuatu kecuali rasa lapar dan dahaga saja ” ujarnya.

Diakhir tausiyah, beliau mendoakan semoga kita semua diberikan kekuatan oleh Allah untuk melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna dan diterima sebagai amal ibadah yang dapat menolong kita semua di akhirat kelak. Aamiin Ya Rabbal Aalamin...

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***