Berita PA Bengkalis || www.pa-bengkalis.go.id

Jum’at 30 April 2021, bertepatan dengan tanggal 18 Ramadhan 1442 H, Pembagian takjil ini diwakili oleh beberapa orang perwakilan dari DYK Cabang Bengkalis antara lain Wakil Ketua, Ny. Maryah Hasan dan beberapa anggota yaitu Ny. Mala Dewi, Ny. Lia, Ny. Juna dan Ny. Fania membagikan hidangan berbuka puasa dan takjil gratis untuk para pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalan Raya tepatnya di Simpang Empat Lampu Merah di Jalan Ahmad Yani Bengkalis.

Dalam kegiatan ini dibagikan sebanyak lebih kurang 150 paket takjil. Kegiatan bagi-bagi takjil gratis ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada segenap masyarakat khususnya warga muslim yang saat ini sedang menunaikan ibadah puasa.

Menghidangkan takjil sebelum memasuki waktu berbuka puasa penting untuk dilakukan. Selain karena kita dianjurkan untuk menyegerakan berbuka, tubuh kita juga membutuhkan nutrisi setelah berpuasa menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Terlebih ketika berbuka, sangat tidak disarankan untuk langsung makan secara berlebihan karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, banyak ahli gizi dan kesehatan yang menyarankan agar membatalkan puasa dengan takjil.

Di bulan Ramadhan pula, sering kita jumpai orang-orang baik yang tiap sore menjelang berbuka sedang membagikan takjil. Meski hanya sebuah takjil, hidangan itu cukup membuat orang merasa bahagia.Pahala orang yang memberikan takjil sama dengan pahala orang berpuasa.Hadits dari Zaid bin Khalid Al Juhani ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda."Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***