PTA.Pekanbaru

Bertempat di ruang Perpustakaan  Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru bertepatan hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021, Kepaniteraan Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, menindak lanjuti surat Dirjen Badilag Nomor 3474/DjA.3/HM.00/10/2021, tentang pelaporan perkara. yang sudah disampaikan melalui daring pada tanggal 12 Oktober 2021, Panitera langsung melaksanakan rapat untuk mensosialisasi pengisian laporan data perkara melalui aplikasi pelaporan perkara Badan Peradilan Agama dan cara memasukkan catatan sidang kedalam templet yang baru tersedia pada SIPP banding,  pertemuaan yang dimulai tepat pukul 14,00 Wib tersebut dipimpin langsung oleh Panitera H. Lalu Muhamad Taufiq, SH., MH didampingi oleh Drs H. Asril MH selaku presentasi sosialisasi dan dihadiri oleh panitera muda, semua panitera pengganti serta staf Kepaniteraan banding dan hukum.

Panitera Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru H. Lalu Muhamad Taufiq, SH., MH  menjelaskan bahwa Aplikasi pelaporan adalah pendukung data SIPP, jadi antara pelaporan melalui Aplikasi ini harus singkron dengan data yang ada pada SIPP, melihat penomena yang terjadi didalam aplikasi pelaporan tersebut masih ada Pengadilan Agama wilayah PTA Pekanbaru yang belum akurat, sehingga pelaporannya belum valid dengan data  yang ada pada SIPP, dan perlu diketahui bahwa tempat pengecekan data perkara tersebut adalah  pada SIPP.

Selanjutnya Panitera Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru mengingatkan kepada semua Panitera Pengganti yang membantu memonitor ke 18 Pengadilan Agama wilayah PTA Pekanbaru agar membantu memvalidasi data laporan perkara tersebut, karena Badilag memberi waktu untuk validasi laporan perkara mulai dari Januari 2021 sampai dengan minggu keempat bulan Oktober 2021 semuanya harus sudah valid imbuh Panitera PTA Pekanbaru. 

Kemudian dalam rapat pertemuan ini juga dibahas tentang masalah memasukkan BAS/Catatan sidang kedalam SIPP, pesrta rapat diberikan pemahaman dan pengetahuan oleh Drs. H. Asril, MH bagimana cara memasukkan catatan sidang ke dalam SIPP dengan membuka laptop masing-masing, sehingga pengetahuan tersebut dapat ditransfer langsung, difahami dan bisa memasukkan  BAS/Catatan sidang kedalam  templet SIPP tersebut, ini merupakan templet terbaru di SIPP Tingkat banding.

Sebelum pertemuan ini berakhir, Panitera ingatkan  kepada seluruh peserta rapat bahwa kita sama-sama belajar aplikasi pelaporan perkara ini dan memasukkan  catatan sidang kedalam SIPP, semoga ilmu yang sudah diperoleh dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas untuk kemajuan Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, kemudian lanjut beliau kedepannya yang perlu menjadi perhatin bagi kita adalah saling mengisi dan saling membatu dalam mewujudkan peradilan yang Agung .  (luz)